5 Pengeluaran Rumah Tangga yang Sebenarnya Bisa Dihemat

harian-nasional.com/ – Apa saja pengeluaran rumah tangga yang sebenarnya bisa dihemat? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas 6 pengeluaran rumah tangga yang sebenarnya bisa dihemat.

Artikel ini dipersembahkan oleh:

5 Pengeluaran Rumah Tangga yang Sebenarnya Bisa Dihemat

Salah satu cara agar hidup lebih sejahtera adalah berhemat. Sadar atau tidak, ternyata banyak pengeluaran rumah tangga yang sebenarnya bisa dihemat.

Berikut ini ada beberapa pengeluaran rumah tangga yang bisa dihemat, tetapi seringkali kita meremehkannya.

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

#1 Bahan Makanan

Bahan makanan adalah pengeluaran yang utama dan penting dalam rumah tangga. Usahakan jangan pelit untuk bahan makanan.

Pernahkah Anda membuang bahan makanan, karena telah tersimpan lama di kulkas dan menjadi busuk?

Nah, kurangi pengeluaran-pengeluaran seperti itu! Beli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai berlebih.

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Butuh Perencanaan Keuangan]

#2 Tagihan Listrik

Tahukah Anda, bahwa listrik adalah salah satu yang sebenarnya dapat dihemat?

Banyak cara untuk menghemat penggunaan listrik, mulai dari menggunakan alat-alat elektronik hemat energi, matikan lampu saat tidak perlu dan gunakan alat listrik secukupnya.

#3 Sabun dan Peralatan Mandi

Cara menghemat pengeluaran sabun dan peralatan mandi adalah dengan membeli lebih saat promo atau menggunakan promo-promo kartu kredit di pusat perbelanjaan.

Anda bisa mem-follow akun-akun pusat perbelanjaan untuk mengetahui promo mingguannya. Apakah Anda lebih sering membeli isi ulang atau sabun baru? Gunakan isi ulang untuk menghemat pengeluaran sabun dan peralatan mandi Anda.

#4 Air

Air adalah kebutuhan pokok dan utama untuk manusia, mulai untuk minum, masak, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya. Bagaimana cara menghemat air? Anda dapat menggunakan sistem pelampung untuk memastikan agar air tidak terbuang sia-sia.

#5 Gas

Seperti Anda ketahui, harga satu tabung gas mencapai lebih dari Rp 100.000. Gas dalam rumah tangga biasanya dipakai untuk air panas dan memasak.

Sebenarnya untuk air panas, Anda dapat mencoba menggunakan pemanas air dengan tenaga listrik. Sedangkan untuk memasak, ibu-ibu rumah tangga pasti tahu teknik memasak yang dapat menghemat penggunaan gas.

Apakah Anda memiliki tips untuk menghemat pengeluaran rumah tangga? Yuk bagikan tips Anda di bagian komentar ya, terima kasih

Image Credit:

    Saving – http://goo.gl/RPUFT7

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”