5 Peluang Bisnis di Sektor Pendidikan yang Layak Dicoba

5 Peluang Bisnis di Sektor Pendidikan yang Layak Dicoba

harian-nasional.com/ – Berkat kecanggihan teknologi, zaman sekarang hampir semua hal bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan. Termasuk halnya di bidang pendidikan.

Bagaimana tidak, minat akan kebutuhan pendidikan sudah pasti bakal terus ada dalam masyarakat lintas generasi. Selain itu, mulai dari jenjang TK, SD, hingga perkuliahan, ada banyak kebutuhan pendidikan yang harus dipenuhi setiap waktu, khususnya mendekati tahun ajaran baru.

Namun, tahukah Anda peluang bisnis di sektor pendidikan yang paling menguntungkan dan bisa dijalankan oleh semua orang dari berbagai kalangan?

Yuk, simak 5 peluang bisnis pada sektor pendidikan yang layak dicoba dengan potensi keuntungan menjanjikan tiap hari seperti dilansir dari Cermati.com berikut ini :

1. Toko Buku

Berbicara soal peluang bisnis di sektor pendidikan, toko buku bisa menjadi ide pertama yang mungkin terpikirkan oleh kebanyakan orang. Sebagai jendela dunia, buku memang menjadi salah satu sumber edukasi yang penting untuk didapatkan oleh semua orang.

Tidak hanya siswa sekolah, buku juga dibutuhkan oleh masyarakat secara umum sebagai sarana untuk memperluas wawasan. Karenanya, membuka toko buku bisa menjadi peluang bisnis yang mampu memberi potensi keuntungan menjanjikan jika dijalani dengan cara dan strategi yang tepat.

Dalam konteks buku sekolah saja, setiap siswa biasanya membutuhkan 1 buku berbeda dari setiap mata pelajaran yang diikutinya. Jika dikalikan dengan jumlah murid dan mata pelajaran yang ada, tingkat penjualan buku untuk anak sekolah sudah pasti bisa sangat tinggi.

Pun jangkauan pembelinya bisa diperluas dengan memanfaatkan toko online di sejumlah marketplace.

Itulah mengapa bisnis toko buku ini dapat menjadi kesempatan untuk memperoleh cuan menggiurkan di sektor pendidikan. Satu hal terpenting, tetap sesuaikan tingkat keuntungan atau harga jual bukunya agar tak sampai menyulitkan konsumen untuk bisa membeli buku yang dibutuhkannya.

2. Alat Tulis

Selain bisnis toko buku, alat tulis juga bisa menjadi peluang usaha yang layak untuk dicoba di sektor pendidikan. Agar bisa menjalani aktivitas belajarnya dengan optimal, setiap siswa pasti membutuhkan alat tulis, seperti, pensil, buku tulis, pulpen, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, alat tulis ini juga sering kali dibutuhkan oleh pekerja kantoran sehingga membuat peluang penjualannya menjadi lebih besar.

Tanpa modal yang cukup besar, ide bisnis ini bisa dijalani di tempat yang tak terlalu besar, atau bahkan rumahan dan hanya membutuhkan etalase sebagai tempat menaruh dagangan. Utamanya, guna meningkatkan potensi kesuksesan dalam bisnis ini, usahakan untuk melengkapi produk yang dijual dengan kualitas dan merek yang beragam.

3. Pembuatan Seragam Sekolah

Di Indonesia, hampir semua sekolah mewajibkan para peserta didik untuk mengenakan seragam sekolah khusus. Mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA, setiap harinya mungkin ada setelah seragam sekolah berbeda yang harus dikenakan oleh para murid.

Mengetahui hal tersebut, membuka bisnis pembuatan seragam sekolah mungkin bisa menjadi ide yang bagus untuk dijalani. Bisnis ini bisa juga diperluas dengan turut menjual kebutuhan sekolah lain, seperti topi, tas, dasi, dan sebagainya.

Semakin lengkap, peluang mendapatkan keuntungan akan menjadi lebih tinggi. Jadi, jika memang memiliki kemampuan dalam hal menjahit atau manufaktur pakaian, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini.

4. Menawarkan Jasa Les Privat

Beralih ke bisnis jasa, bagi yang memiliki kemampuan dalam mengajar, Anda juga bisa memiliki peluang dengan menawarkan layanan les privat. Ada banyak jenis mata pelajaran yang bisa dipilih dalam jasa les privat ini, seperti matematika, bahasa inggris, komputer, dan sebagainya.

Bisnis les privat ini bisa bisa menguntungkan karena tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya mendapat pelajaran tambahan di luar waktu sekolah.

Namun demikian, modal untuk membuka jasa ini juga terbilang sangat terjangkau dan Anda hanya perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk mengajar. Tapi, peluang pendapatan dari bisnis ini tidak bisa diremehkan dan bisa dijalani dengan fleksibel.

5. Membuka Bisnis Kursus atau Bimbel

Terakhir, jika memiliki sebuah tim pengajar dan tempat khusus yang bisa digunakan, Anda bisa mengembangkan bisnis les privat menjadi jasa bimbingan belajar atau kursus. Karena mengajar banyak pelajar sekaligus, peluang keuntungan dari bisnis bimbel ini jauh lebih besar dibanding jasa les privat.

Walaupun begitu, modal yang dibutuhkan juga cukup tinggi dan membutuhkan tenaga pengajar lain yang berkualitas.

Itulah 5 ide bisnis di sektor pendidikan yang mampu memberi peluang keuntungan menggiurkan dan bisa dijalani oleh kebanyakan orang. Intinya, dalam berbisnis, tumbuhkan sikap pantang menyerah dan semangat yang tinggi. Dengan begitu, potensi meraih kesuksesan dari bisnis, apapun jenisnya, menjadi lebih terjamin.

Artikel ini hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.