Travel  

4,2 Juta Wisatawan Kunjungi Cirebon Sepanjang 2022

4,2 Juta Wisatawan Kunjungi Cirebon Sepanjang 2022

harian-nasional.com/ – Sebanyak 4,2 juta wisatawan mengunjungi Kota Cirebon, Jawa Barat, sepanjang tahun 2022, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, angka kunjungan ini sudah melampaui target yang ditetapkan, yakni 2,2 juta wisatawan.

“Wisatawan yang datang ke Kota Cirebon pada tahun 2022 mencapai 4,2 juta jiwa,” kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Sabtu (4/2/2023), seperti dikutip Antara.

Adapun kunjungan wisatawan ke Cirebon masih didominasi wisatawan lokal atau dalam negeri. Agus menyebutkan, daerah asal wisatawan terbanyak adalah dari Jabodetabek.

“Kota Cirebon masih didominasi wisata lokal, dan yang terbanyak dari daerah Jabodetabek, serta Bandung,” kata Agus.

Ia menambahkan, peningkatan angka kunjungan dipengaruji salah satunya karena aturan terkait Covid-19 yang kian melonggar, sehingga masyarakat semakin leluasa untuk berkunjung.

Agus berharap, peningkatan kunjungan wisatawan ke Cirebon dapat membantu perekonomian di kota tersebut kian membaik, sehingga semakin memberikan dampak positif terhadap warga.

Salah satu upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan adalah dengan menggelar berbagai acara, baik yang sudah dijadwalkan maupun belum.

Pada tahun 2023 ini, misalnya, Pemerintah Kota Cirebon sudah menyiapkan 60 agenda wisata. Meskipun, belum seluruhnya selesai dikurasi.

“Pada tahun 2023 ini terget kunjungan 2,3 juta jiwa, dan kami sangat optimistis bisa terlampaui, untuk itu kami siapkan beragam agenda pariwisata baik skala lokal, nasional, maupun internasional,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.