4 Ciri-ciri Ambeien Kambuh sesuai Stadium Penyakit

harian-nasional.com/ – Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya ciri-ciri ambeien kambuh?

Seperti diketahui, ketika anus sakit atau buang air besar (BAB) berdarah, beberapa orang buru-buru menyimpulkannya mengalami ambeien atau wasir.

Padahal, ada banyak faktor kemungkinan penyebab kondisi di atas. Bisa jadi kondisi di atas termasuk sembelit, gangguan pencernaan, sampai gejala kanker usus.

Kenali beberapa ciri-ciri ambeien kambuh sesuai tingkat keparahan atau stadium penyakitnya berikut ini.

Ciri-ciri ambeien kambuh sesuai stadium penyakit

Dilansir dari HealthDirect, ciri-ciri ambeien kambuh di tahap awal sampai stadium akhir penyakit bisa berbeda-beda, antara lain:

  • BAB berdarah

Di tahap awal penyakit, penderita biasanya mengalami BAB berdarah. Darah yang keluar saat BAB ini umumnya berupa darah segar dan jumlahnya tidak banyak. Pada tahap ini, anus biasanya juga gatal tapi tidak sakit atau perih. Di luar itu, penderita tidak merasakan gejala ambeien lainnya.

  • BAB berdarah dan ada benjolan kecil dari anus

Di stadium kedua, ambeien bisa menyebabkan gejala BAB berdarah dan terasa ada benjolan yang keluar dari anus saat BAB. Setelah BAB kelar, benjolan yang keluar saat mengejan tersebut akan kembali ke dalam anus dengan sendirinya.

  • Anus terasa sakit

Memasuki stadium ketiga, benjolan ambeien yang keluar saat mengejan tidak bisa masuk sendiri ke dalam anus setelah BAB. Ukuran benjolan biasanya juga cenderung besar daripada stadium sebelumnya, sehingga membuat anus terasa sakit atau pedih.

  • Benjolan yang keluar dari anus cukup besar dan terasa sakit

Ciri-ciri ambeien stadium akhir atau cukup parah biasanya ukuran benjolan yang keluar dari anus saat mengejan cukup besar, sehingga tidak bisa kembali masuk ke dalam anus. Selain itu, ada darah di wasir yang menggumpal atau mengeras dan membentuk benjolan yang keras. Benjolan ini bisa membuat anus sangat sakit berkepanjangan.

Kapan perlu waspada dengan ambeien?

Mengingat ada banyak kemungkinan penyebab BAB berdarah, Anda sebaiknya tidak sembarangan menerka-nerka dan mengaitkannya dengan ambeien.

Dilansir dari MayoClinic, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter jika merasakan ciri-ciri ambeien di atas. Terutama jika anus atau pantat sangat sakit dan teraba ada benjolan yang mengeras di dekat anus.

Segera bawa penderita ke rumah sakit jika ambeien menyebabkan pendarahan yang cukup banyak saat BAB, pusing, apalagi sampai pingsan.