4 Cara Berhenti Overthinking, Salah Satunya Tidak Memusingkan Hal Sepele

4 Cara Berhenti Overthinking, Salah Satunya Tidak Memusingkan Hal Sepele

harian-nasional.com/PIKIRAN RAKYAT – Jika manusia tak mampu memproses pikiran secara sadar, maka kita tidak akan mencapai kemajuan teknologi, politik, sosial, dan ekonomi seperti saat ini. Berpikir akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan modern.

Mudah untuk berasumsi bahwa berpikir berlebihan (overthinking) adalah kebiasaan yang positif. Tapi, overthinking merupakan kebiasaan negatif yang bisa menimbulkan masalah ekstrem.

Memikirkan sesuatu secara berlebihan bisa membuatmu tidak bisa berpikir jernih dan dapat menghalangimu untuk mengambil tindakan. Overthinking memenuhi pikiranmu dengan keraguan dan mengurangi kebahagiaanmu.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berhenti berpikir berlebihan dan mengambil kembali kendali atas hidupmu. Berikut adalah 4 cara untuk berhenti overthinking:

Baca Juga: Mengapa Ibu Rentan Alami Masalah Kesehatan Mental? Simak Penyebab dan Solusinya

1. Ubah sudut pandang dalam mengambil keputusan Jika mendapati dirimu selalu memikirkan sesuatu secara berlebihan, maka tanyakan pada dirimu mengapa kamu terlalu memikirkan hal tersebut. Overthinking sering disebabkan oleh rasa takut terutama takut membuat keputusan yang salah. Mungkin, kamu khawatir jika kamu mengambil keputusan yang bisa menyebabkan kegagalan, rasa malu, atau hal negatif lainnya. Untuk mengatasinya, hadapi hal yang kamu takuti dengan tujuan belajar dan mencari pengalaman. 2. Mulai mengambil tindakan Pernahkah kamu mendengar soal kelumpuhan analisis? Kelumpuhan analisis adalah sebuah kondisi yang disebabkan ketidakmampuan untuk membuat keputusan karena terlalu banyak berpikir atau terlalu berlebihan dalam menganalisis situasi. Jika kamu mendapati dirimu overthinking dan menunda suatu hal, kamu harus memacu diri untuk mengambil tindakan. Jika hasilnya tak sesuai harapan, kamu bisa berimprovisasi dan mengatasi situasi tersebut. 3. Belajar untuk tidak memusingkan hal-hal sepele Overthinking dapat menyebabkan pikiranmu dipenuhi kenegatifan ketika kamu berhadapan dengan hal yang tidak terlalu penting di hidupmu. Menganalisis sesuatu yang berlebihan membuat masalah yang kecil tampak jauh lebih besar dari yang sebenarnya.

Ketika kamu terus-menerus memikirkan hal-hal secara berlebihan, kamu cenderung menjadi percaya bahwa akan selalu ada saat yang tepat untuk segalanya. Tetapi, pola pikir seperti itu bisa menyebabkan stres berat. Overthinking hanya akan menghalangimu untuk memulai sesuatu tidak peduli seberapa besar keinginanmu untuk melakukannya.***