32 Pelabuhan Terapkan Inaportnet, Menhub: 2023 Tambah 151 Pelabuhan

32 Pelabuhan Terapkan Inaportnet, Menhub: 2023 Tambah 151 Pelabuhan

harian-nasional.com/ – Sebanyak 32 pelabuhan di Indonesia telah ikut menerapkan sistem aplikasi layanan kapal dan barang berbasis online atau Inaportnet. Dengan begitu saat ini terdapat 109 pelabuhan di Indonesia yang sudah menerapkan Inaportnet.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Inaportnet merupakan salah satu aplikasi berskala nasional yang mengintegrasikan sistem informasi dari berbagai lembaga terkait maupun Badan Usaha Pelabuhan.”Inaportnet menjadi salah satu Instruksi Presiden dalam upaya penataan ekosistem logistik. Untuk itu, saya minta komitmen dan konsistensi semua pihak terkait terhadap standar operasional (SOP) yang berlaku,” ujar Menhub saat menghadiri secara daring peluncuran (go live) penerapan aplikasi Inaportnet di 32 pelabuhan di Jakarta, Selasa (13/12).Menhub sendiri telah menargetkan untuk terus menambah jumlah pelabuhan yang menerapkan Inaportnet. Bahkan rencananya pada 2023 mendatang Kemenhub dapat menambah lagi 151 pelabuhan yang sudah menerapkan Inaportnet.

“Targetnya di tahun 2023 kita tambah lagi 151 pelabuhan, sehingga total 260 pelabuhan sudah menerapkan Inaportnet pada tahun depan,” ucap Menhub.Sebagai informasi, Inaportnet berfungsi untuk mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan yang ada di setiap instansi terkait, guna melayani kapal dan barang baik untuk kegiatan kapal ekspor impor maupun domestik.

Penerapan Inaportnet sangat penting dilakukan dengan konsisten guna meningkatkan pelayanan kapal di pelabuhan agar dapat berjalan cepat, terpercaya, transparan, terstandar, dan dapat meningkatkan efisiensi dengan biaya yang minimal.