Travel  

3 Tips Cepat Dapat Antrean Pendaftaran Paspor Online

harian-nasional.com/ – Seiring dengan pelonggaran syarat perjalanan setelah dua tahun, keinginan untuk bepergian pun meningkat. Salah satu dampaknya adalah antrean pendaftaran paspor online (daring) yang sering kali penuh.

Kepala Subkordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Ahmad Nur Saleh mengatakan, ada tips yang harus diperhatikan jika ingin cepat dapat kuota pendaftaran online pembuatan paspor.

“Kalau mau daftar ada tips dan triknya yang harus juga diperhatikan,” kata Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/1/2023).

Berikut sejumlah tips yang harus diperhatikan agar cepat dapat nomor pendaftaran online pembuatan paspor:

Tips agar cepat dapat antrean saat daftar paspor online

1. Perhatikan kapan jadwal kuota pendaftaran dibuka

Ahmad mengatakan, mengetahui kapan pastinya jadwal pembukaan kuota pendaftaran paspor secara online sangat penting guna bisa cepat mendapatkan kuota.

Adapun jadwal dibukanya kuota pendaftaran yakni setiap awal bulan.

2. Pilih menu pembuatan paspor biasa saat mendaftar secara online

Ahmad menuturkan, terkadang calon pembuat paspor sering langsung memilih menu pembuatan E-paspor. Padahal pembuatan E-paspor hanya tersedia di beberapa kantor imigrasi.

Oleh karena itu, saat calon pembuat paspor memilih pembuatan menu E-paspor dan memilih kantor imigrasi yang tidak menyediakannya maka akan muncul pemberitahuan bahwa kuota pendaftaran paspor secara online penuh.

“Terkadang masyarakat langsung memilih E-paspor sementara memang belum tersedia, alhasil ya tidak tersedia juga kuotanya,” ujarnya.

3. Perhatikan jaringan internet

Ahmad melanjutkan, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jaringan internet.

Jaringan internet yang stabil bisa membuat kamu lebih cepat dan mudah mendapatkan nomor antrean.

“Apabila ada pertanyaan atau keluhan silakan sampaikan ke live chat di www.imigrasi.go.id,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.