278 Jam Tertimpa Reruntuhan Gempa Turki, Pria 45 Tahun Ditemukan Selamat

harian-nasional.com/ – Tim penyelamat kembali menemukan korban selamat 12 hari pasca gempa Turki berkekuatan mangitudo (M) 7,8. Korban selamat tersebut merupakan seorang pria berusia 45 tahun.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (18/2/2023), pria itu bernama Hakan Yasinoglu. Dia diselamatkan 278 jam atau 12 hari setelah gempa berkekuatan M 7,8 melanda Hatay, provinsi selatan dekat perbatasan Suriah.

Gambar di media sosial menunjukkan penyelamat dengan hati-hati membawa tandu bersama pria itu melewati reruntuhan bangunan yang rata dengan tanah.

Dia tampak diikat ke tandu agar tidak jatuh dan ditutupi dengan jaket termal emas. Dia lalu dibawa pergi menggunakan ambulans.

Wajahnya tidak terlihat. Situasi di lokasi tidak seperti penyelamatan terlambat lainnya di mana tim bersukacita atau bertepuk tangan. Terkini suasana di lapangan tampak suram.

Berdasarkan informasi, tiga orang lainnya juga diselamatkan Kamis malam dan Jumat dini hari, termasuk seorang anak laki-laki berusia 14 tahun, dengan pencarian di beberapa lokasi terus berlanjut sepanjang waktu.

Sementara itu, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay pada hari Jumat mengatakan upaya penyelamatan berlanjut di kurang dari 200 lokasi di wilayah tersebut.

Untuk diketahui, gempa yang melanda 11 provinsi di Turki tersebut telah menewaskan lebih dari 41.000 orang di Turki dan Suriah. Selain itu, gempa juga menyebabkan puluhan ribu lainnya terluka dan menyebabkan jutaan orang tanpa perlindungan dalam suhu yang sangat dingin.