208 Lurah dan Kades di Sragen Punya Motor Dinas Baru Yamaha NMAX 2022 Senilai Rp 6 Milyar

208 Lurah dan Kades di Sragen Punya Motor Dinas Baru Yamaha NMAX 2022 Senilai Rp 6 Milyar

harian-nasional.com/ – MOTOR Plus-online.com – Ada 208 lurah dan kepala desa (kades) di Kabupaten Sragen mendapatkan motor dinas baru Yamaha NMAX 2022 senilai Rp 6 Milyar.

Kendaraan dinas itu secara simbolis diberikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Taruna Sragen, Jumat (28/10/2022).

Usai motor itu diserahkan, para Kades dan Lurah konvoi membawa motor baru itu keliling Stadion Taruna dan melaju sampai alun-alun Sragen.

Pada penyerahan hari ini baru 140 unit motor yang dibagikan untuk Kades dan lurah di 17 Kecamatan.

Sementara Kades dan lurah di tiga Kecamatan yakni Sidoarjo, Masaran dan Tanon akan diberikan menyusul.

Satu kendaraan dinas itu harganya Rp 31,15 juta per unit, sehingga total Pemkab Sragen untuk membeli kendaraan ini nyaris diangka Rp 6 miliar.

Ditemui usai kegiatan, Bupati mengatakan kendaraan dinas untuk Kades dan lurah diberikan karena motor dinas lama sudah tidak layak.

Bahkan nilai asetnya sudah habis.

Yuni mengaku ingin memberikan kendaraan dinas itu tahun lalu, karena anggaran terpotong untuk penanganan Covid-19 baru tahun ini bisa terealisasi.

“Kendaraan dinas ini untuk Kades dan Lurah, karena motornya (motor dinas) yang lama sudah sangat jelek, bahkan ada yang tidak bisa dipakai,” kata Yuni.

“Alhamdulillah kita baru bisa memberikan sekarang. Karena kemarin refocusing anggaran untuk Covid-19 juga, banyak kebutuhan yang lebih urgent,” sambungnya.

Ketika ditanyai mengapa kendaraan dinas itu berwarna merah, Yuni mengaku dirinya menyukai warna merah.

Dia ingin meninggalkan kesan yang mendalam.

“Kenapa warnanya merah? Karena ibu bupati suka warna merah, sehingga ingin meninggalkan kesan yang mendalam,” lanjut Yuni.

Selain kendaraan roda dua, Pemkab Sragen juga menyerahkan lima mobil operasional untuk lima organisasi kemasyarakatan (ormas) dan enam mobil ambulans untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen dan Puskesmas.

“Termasuk mobil operasinal ormas alhamdulillah sekarang sudah bisa kita anggarkan. Semoga teman-teman Kades semakin memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat,” ujarnya.

Lima Toyota Avanza itu diberikan kepada Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Paroki, Bamak, serta unit pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) atau Samsat Sragen.

Satu unit mobil itu harganya Rp 220 juta, sehingga total yang dikeluarkan untuk kendaraan roda empat Rp 1,25 miliar.

Lima mobil ambulans diberikan untuk Dinkes, Puskesmas Plupuh 1, Puskesmas Masaran 2, Puskesmas Kedawung 2, Puskesmas Sragen Kota dan Puskesmas Gemolong.

Sementara itu, badan pengelolaan keuangan dan pendapatan daerah (BPKPD) Sragen, Dwiyanto menambahkan kendaraan dinas la kades dan lurah ada yang perlu dilelang.

“Kendaraan dinas sebelumnya itu ada yang perlu dilelang, umur aset juga sudah habis,” ucap Dwiyanto.

“Kendaraan dinas itu nanti bisa dihibahkan ke desa termasuk mobil operasional ormas juga bisa dihibahkan,” tambahnya.

Kecuali mobil untuk UPPD statusnya pinjam pakai sedangkan untuk ambulance di Dinkes dan Puskesmas tetap jadi aset Pemkab Sragen.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul 208 Kades dan Lurah di Sragen Dapat Motor Dinas N-max Merah.

Sragen

Yamaha nmax

Kades

Lurah

Motor dinas

Yamaha NMAX 2022

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website motorplus-online.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”