Karir  

13 Pertanyaan Interview tentang Kepuasan Kerja

harian-nasional.com/ – Ketika sedang interview, kamu bisa saja mendapat pertanyaan seputar kepuasan kerja.

Hal tersebut umum ditanyakan rekruter untuk menanyakan pengalaman kerjamu di perusahaan sebelumnya.

Nah, di artikel ini Glints akan memberi daftar pertanyaan interview seputar kepuasan kerja berikut contoh jawabannya. Yuk, cek artikelnya berikut ini!

Daftar Isi

1. Apa yang memberimu kepuasan dalam karier ini? / “What gives you satisfaction in this particular career?“

Melakukan pekerjaan sehari-hari tentu ada tujuannya, antara lain untuk bisa meningkatkan kualitas diri dan memenuhi rasa kepuasan kerja.

Karena, adanya kepuasan menjadi faktor penting apakah kandidat akan bertahan atau meninggalkan suatu perusahaan.

Untuk menjawabnya, beri tahu rekruter apa hal yang membuatmu puas dalam karier dan mengapa kamu tetap menjalaninya.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Saya merasa puas dengan karier ini karena saya merasa bisa membantu orang banyak setiap harinya. Hal tersebut membuat saya merasa berguna bagi orang-orang di sekitar saya.

Bahasa Inggris

I am satisified with this career because I can help a lot of people on a daily basis. It makes me feel that I am useful to the people around me.

2. Bagaimana hubunganmu dengan atasan? / “How is your relationship with your boss?“

Atasan langsung yang harus rutin kamu temui dan ajak berdiskusi perihal masalah kerja adalah salah satu orang yang akan berdampak pada keutuhan rasa nyaman kamu sehari-hari.

Secara langsung, hubungan yang baik dengan atasan akan membuat kamu bisa berkonsentrasi dengan pekerjaan dan tentunya memberi kepuasan kerja yang lebih penuh.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Hubungan saya dengan atasan sebelumnya sangatlah baik. Bahkan, atasan saya sendiri yang merekomendasikan posisi ini ketika saya ingin mengembangkan karier saya.

Bahasa Inggris

My relationship with the previous boss is very good. In fact, he recommended this position when I said that I want to develop my own career.

3. Skill yang kamu punya, berkembang atau tidak? / “Do your skills develop or not?“

Berkembang atau tidaknya skill menjadi salah satu faktor tercapainya kepuasan kerja seorang karyawan.

Tidak sedikit orang yang keluar dari pekerjaan karena merasa skill yang dipunya sama sekali tidak terpakai di profesinya.

Karena itu, perusahaan menanyakan pertanyaan ini untuk memastikan apakah mereka bisa memfasilitasi perkembangan skills kandidat.

Bahasa Indonesia

Saya merasa bahwa skill yang dimiliki dapat terus berkembang dalam pekerjaan ini. Karena, dalam industri ini selalu muncul hal baru yang bisa terus dipelajari.

Bahasa Inggris

I feel that my skills can continue to develop in this position. It is because there are always new things I can learn in this industry.

4. Jelaskan atasan yang paling ideal bagimu / “Describe your ideal boss“

Mengutip MockQuestions, pertanyaan ini sangat berkaitan dengan kepuasan kerja. Karena, kandidat akan bekerja secara langsung di bawah atasannya.

Mengetahui tipe atasan yang disukai kandidat membuat perusahaan tahu apakah ia bisa cocok bekerja di tempatnya atau tidak.

Bahasa Indonesia

Saya senang bekerja di bawah seseorang yang memberi kesempatan untuk membuat keputusan dan percaya dengan pekerjaan saya. Namun, saya selalu mencoba beradaptasi dan mengatur gaya bekerja saya dengan preferensi manajer saya.

Bahasa Inggris

I enjoy working under someone who gives me the ability to make decisions and trusts my work. However, I always try to adapt and adjust my work style to how my manager prefers it.

5. Bagaimana kamu mendefinisikan kesuksesan? / “How do you define success?“

Menurut Mega Interview, perusahaan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui hal apa yang tergolong sebagai kesuksesan menurut kandidat.

Karena, jika seseorang mencapai kesuksesan, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dirinya.

Bahasa Indonesia

Menurut saya, kesuksesan adalah ketika saya mencapai tujuan karier saya. Sebagai profesional, saya memiliki tujuan jangka pendek dan panjang. Bagi saya, posisi ini memberi kesempatan untuk mencapai salah satu tujuan saya, yaitu untuk bekerja di bagian manajemen.

Bahasa Inggris

I define success as achieving my career goals. Of course, as a professional, I have my own short-term and long-term goals. For me, this position gives me the opportunity to achieve one of my goals, to work in a management position.

6. Kamu senang bekerja dengan tipe orang seperti apa? / “What kind of people do you enjoy working with?“

Kultur perusahaan sangat berpengaruh terhadap kepuasan kerja seseorang ketika mencari kerja.

Sehingga, perusahaan menanyakan hal ini untuk tahu tipe orang-orang seperti apa yang membuatmu bisa bekerja dengan baik.

Bahasa Indonesia

Saya senang bekerja dengan orang-orang positif, energetik, dan bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

Bahasa Inggris

I enjoy working with people who are positive, energetic, and accountable for their work.

7. Apakah kamu lebih senang bekerja dalam tim atau individu? / “Do you prefer to work in a team or individually?“

© Pexels.com

Bekerja di lingkungan yang menjadi preferensi sendiri juga bisa meningkatkan kepuasan kerja seorang karyawan.

Sehingga, perusahaan juga akan menanyakan hal ini kepadamu. Berikut contoh jawaban yang bisa kamu berikan.

Bahasa Indonesia

Saya merasa lebih produktif ketika bekerja seorang diri. Namun, saya juga bisa bekerja dengan baik dalam lingkungan tim.

Bahasa Inggris

I feel that I can be more productive when working individually. However, I can also work really well in a team-based setting.

8. Apa yang membuatmu merasa tidak puas dengan pekerjaan? / “What causes you to feel dissatisfied on the job?“

Dalam pertanyaan ini, perusahaan ingin mengetahui hal apa yang membuatmu bisa kehilangan motivasi ketika bekerja.

Tentunya, kehilangan motivasi akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan kerja seorang karyawan. Sehingga, perusahaan akan berusaha untuk menghindarinya.

Bahasa Indonesia

Saya akan merasa tidak puas dengan pekerjaan saya jika saya merasa tidak didengarkan. Kurangnya rasa saling menghargai juga dapat membuat saya kehilangan motivasi bekerja.

Bahasa Inggris

I could feel dissatisfaction in my job if I am not heard. The lack of mutual respect also gets me demotivated.

9. Apa hal yang membuat posisi ini begitu menarik bagimu? / “What attracts you the most to this position?“

Perusahaan akan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui hal apa yang kamu senangi dari posisi yang dilamar.

Selalu yakinkan interviewer bahwa kamu melihat posisi yang dilamar sebagai peran yang pas bagimu. Jangan lupa juga untuk menjabarkan alasannya.

Bahasa Indonesia

Saya menyukai posisi ini karena saya bisa belajar software CRM sambil mendapatkan pengalaman dalam bidang project management.

Bahasa Inggris

I like this position a lot because I can learn about CRM software while gaining experience in project management.

10. Bagaimana kami bisa memotivasimu ketika bekerja? / “How can we motivate you on the job?“

Pertanyaan ini juga akan ditanyakan perusahaan untuk mengetahui bagaimana mereka bisa membuatmu bisa termotivasi ketika bekerja.

Tentunya, kamu bisa mendapat kepuasan kerja jika terus termotivasi saat bekerja.

Bahasa Indonesia

Saya termotivasi dengan kesempatan untuk meningkatkan skills saya. Sebelumnya, perusahaan memberi saya kursus dalam bidang copywriting dan workshop SEO. Hal tersebut adalah sesuatu yang memotivasi saya.

Bahasa Inggris

I am motivated by the opportunity to upgrade my skills. Previously, my employer put me on copywriting course and SEO workshop. Those are what motivates me.

11. Bagaimana perasaanmu ketika bergabung perusahaan baru? / “How do you feel about joining a new company?“

Perusahaan ingin mengetahui perasaanmu seputar perubahan yang dibuat dalam kariermu.

Hal ini karena bergabung ke perusahaan baru bisa menjadi suatu hal yang menakutkan dan menarik bagi seseorang.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Bergabung dengan perusahaan baru menggairahkan saya. Karena, saya bisa belajar hal baru, meski saya sadar hal tersebut mengharuskan saya bekerja keras. Namun, secara keseluruhan saya benar-benar antusias.

Bahasa Inggris

The thought of joining a new company excites me. This is because I can learn new skills. Although, I am fully aware that will be a lot of hard work. However, overall I am enthusiastic about this opportunity.

12. Jika memungkinkan, apa satu hal yang akan kamu ubah tentang jalur karier ini? / “What is the thing you would change about this career path if you could?”

Pertanyaan ini juga akan ditanyakan perusahaan karena berhubungan dengan kepuasan kerja.

Pastikan untuk tidak mengucapkan hal-hal yang tidak berkenan di mata perusahaan, seperti “ingin bekerja dengan jam kerja yang sedikit”.

Bahasa Indonesia

Saya pikir terlalu banyak orang yang menyebut dirinya sebagai ahli dalam bidang marketing. Jika saya bisa mengubah apapun, saya ingin ada suatu kredensial. Sehingga, klien bisa tahu apakah seseorang memang memiliki pengetahuan di bidang marketing atau tidak.

Bahasa Inggris

I think that there are too many people calling themselves marketing pros now. If I could change anything, I want credentials so clients would know whether someone is knowledgeable or not.

13. Beri tahu aspek yang paling disukai dan tidak disukai dari posisimu saat ini / “Tell us your most and least favorite aspects from your current or most recent position“

Pertanyaan ini juga sering ditanyakan perusahaan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kepuasan kerja karyawan.

Berikut adalah contoh menjawabnya.

Bahasa Indonesia

Aspek yang paling tidak saya sukai dari posisi saya sebelumnya adalah saya tidak memiliki kesempatan untuk membuat keputusan seputar hubungan dengan klien. Namun, hal yang saya sukai dari posisi tersebut adalah saya dikelilingi oleh rekan kerja yang hebat dan ada banyak kesempatan untuk perkembangan profesional.

Bahasa Inggris

My least favorite aspect of the previous position is that I have little opportunity to make decisions regarding client relationships. However, the best part about that job is I was surrounded by amazing coworkers and opportunities for professional development.

Itu adalah beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan perusahaan seputar kepuasan kerja seorang karyawan.

Selain tentang ini, tentu masih banyak jenis pertanyaan yang bisa diberikan perusahaan saat interview kerja.

Namun jangan khawatir, kamu bisa menyiapkannya dengan baca kumpulan artikel Glints Blog yang membahas tentang pertanyaan interview.

Kamu cukup klik di sini untuk baca ragam artikel seputar pertanyaan interview. Gratis!

Sumber

    Job Satisfaction Mock Interview

    Job Satisfaction Interview Questions + Answers

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”