Wisata  

10 Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Aurora Borealis

harian-nasional.com/ – Aurora Borealis alias Northern Lights sebuah fenomena alam yang dapat dijumpai di belahan bumi utara dan selatan. Cahaya utara nama ilmiahnya adalah aurora borealis, sedangkan cahaya selatan nama ilmiahnya yaitu aurora australis. Menyaksikan fenomena alam ini menjadi bucket list dari sebagian orang yang terpesona dengan pertunjukkan cahaya ini.

Cahaya ini bisa muncul dan menghilang dalam sekejap karenanya yang ingin menyaksikan ini harus terjaga sepanjang malam. Aurora borealis di belahan bumi utara berpusat di sekitar Lingkaran Arktik, yaitu di negara-negara seperti Islandia, Skotlandia, Kanada, Skandinavia, Greenland dan Siberia. Berikut ini adalah tempat untuk melihat aurora borealis di negara-negara yang disebutkan tadi.

1. Svalbard, Norwegia

    Lokasi: Kepulauan Norwegia di antara daratan Norwegia dan Kutub Utara

Garis lintang yang semakin tinggi di suatu lokasi akan membuatnya menjadi tempat yang baik untuk menyaksikan aurora borealis. Dulu dikenal sebagai Spitsbergen atau Spitzbergen, Svalbard merupakan sebuah kepulauan di Norwegia. Letaknya di utara terjauh. Kepulauan yang membeku ini berlokasi di Lingkaran Arktik terdalam. Ini merupakan tempat untuk melihat aurora borealis yang favorit.

Di bulan-bulan antara November dan Februari, Svalbard banyak dikunjungi oleh para turis. Fenomena alam lainnya yang bisa dinikmati yaitu polar night, yaitu saat langit diterangi cahaya biru tua. Ini terjadi ketika matahari tidak terbit selama 24 jam. Pemandangan ini juga menjadi daya tarik besar untuk para turis.

Karena Svalbard dari pertengahan November hingga akhir Januari tidak mempunyai siang hari, jadi cocok sekali menjadi tempat untuk menyaksikan aurora borealis. Ini meningkatkan peluang untuk menyaksikan kemunculan fenomena alam tersebut.

2. Yellowknife, Kanada

    Lokasi: di pantai utara Great Slave Lake

Yellowknife merupakan ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada. Ini adalah tempat untuk melihat aurora borealis yang terbaik di dunia. 80-90% dari semua lahan di Kanada berada di bawah Aurora Oval sehingga menjadi rumah untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Aurora oval adalah area dengan aktivitas geomagnetik terkuat sehingga menghasilkan tampilan aurora borealis yang paling terang dan paling sering di dunia. Yellowknife dikenal sebagai “Aurora Capital of North America,” karena lokasinya yang terbaik dan kondisi pemandangannya yang luar biasa. Wisatawan mempunyak kesempatan 95% untuk melihat aurora borealis di tepi Great Slave Lake.

3. Tromsø, Norwegia

    Lokasi: di Norwegia utara

Norwegia yang terletak di atas Lingkaran Arktik membuatnya menjadi salah satu tempat untuk melihat aurora borealis yang terkenal. Terletak di area aurora oval, Tromsø selalu memberikan peluang yang bagus kepada para wisatawan untuk mendapatkan cahaya utara terlepas dari siklus mataharinya.

Tromsø mempunyai konektivitas yang sangat baik dengan penerbangan. Karenanya tempat ini lebih mudah diakses dari seluruh dunia. Dengan iklim pantai yang lebih sejuk, Tromsø menjadi lebih hidup dibandingkan tempat-tempat lain untuk menyaksikan cahaya utara lainnya. Atraksi lain di tempat ini antara lain seluncur salju, rusa kutub serta kehidupan malam kota di akhir pekan yang cukup semarak.

4. Taman Nasional Voyageurs, Amerika Serikat

    Alamat: 360 Minnesota 11 East, International Falls, MN 56649, Amerika Serikat

    Jam operasional: 09.00 – 17.00

    Telepon: +1 218-283-6600

Taman Nasional Voyageurs terletak di perbatasan Minnesota-Kanada. Ini merupakan sebuah tempat ajaib seluas 218.000 hektar. Di sini pengunjung akan bisa menyaksikan pemandangan pertunjukan cahaya utara di langit yang tidak tercemar polusi cahaya lampu serta hujan meteor yang mengesankan.

Taman yang sepertiganya terdiri dari air ini memiliki tempat untuk menyaksikan aurora borealis yang terbaik. Pengunjung bisa menikmati pertunjukan cahaya dari atas houseboat atau rumah perahu. Taman Nasional Voyageurs merupakan tempat yang ideal untuk menyaksikan cahaya utara karena berupa area hutan belantara yang bermil-mil luasnya tanpa polusi cahaya yang ada di kota-kota.

5. Fairbanks, Alaska

    Lokasi: di dalam Fairbanks North Star Borough

Fairbanks merupakan tempat lainnya di dunia untuk menyaksikan aurora borealis karena berada tepat di bawah Auroral Oval. Area yang berbentuk cincin ini terletak di atas kutub utara geomagnetik bumi yang merupakan tempat aktivitas aurora terkonsentrasi.

Wisatawan bisa menyaksikan cahaya utara yang berlangsung dari 21 Agustus sampai 21 April sebanyak rata-rata 4 dari 5 malam yang cerah di saat musim aurora. Wisatawan bisa menikmati kegiatan lain di akhir musim panas seperti naik Riverboat Discovery maupun mendulang emas. Jika ingin merasakan pengalaman liburan yang meriah, wisatawan bisa mengunjungi Rumah Santa Claus di kota Kutub Utara.

6. Lapland, Finlandia

    Lokasi: di Lingkaran Artik, berbatasan dengan Swedia, Norwegia, Rusia, dan Laut Baltik

Laplandi berada di Lingkaran Arktik di Eropa Utara. Dalam setahun aurora borealis dapat terlihat kurang lebih 200 malam dari wilayah ini di Finlandia. Dikenal juga sebagai rumah Santa Claus, Lapland juga merupakan tempat bagi orang Sámi, yaitu satu-satunya penduduk asli di Uni Eropa, dan sekitar 190.000 rusa.

Para pemburu aurora bisa berharap untuk menyaksikan cahaya utara pada tiap malam yang cerah di antara bulan September dan Maret di wilayah Laplandia utara, khususnya saat bintang-bintang padam.

7. Jukkasjärvi, Swedia

    Lokasi: terletak di Kota Kiruna, Norrbotten County

Selama bulan-bulan paling gelap merupakan waktu optimal untuk menyaksikan cahaya utara di Swedia adalah, yaitu dari Desember sampai Maret. Di Lapland Swedia yang berada di bagian utara negara itu, pengunjung bisa melihat langit yang cerah pada akhir Agustus atau awal sampai pertengahan April.