Wisata  

10 Sepeda Downhill Termahal, Cocok Buat Memicu Adrenalin

harian-nasional.com/ – Mountain biking atau bersepeda gunung adalah salah satu kegiatan petualangan yang memicu adrenalin namun cukup banyak peminatnya. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini melibatkan seseorang yang mengendarai sepeda di pegunungan atau di medan yang cukup berat.

Buat orang-orang yang suka tantangan, kegiatan ini tentu bisa jadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan, bahkan ada lomba balap sepeda gunung lho.

Tentu saja, sepeda yang digunakan pun berbeda dari yang biasanya dan tidak sembarangan ya. Untuk bisa bersepeda di gunung dengan medan yang curam dan jalanan berbatu, kalian memerlukan sepeda gunung atau mountain bike (MTB). Tidak ketinggalan, sepeda gunung juga terbagi ke dalam beberapa jenis.

Beberapa jenis sepeda gunung antara lain trail, cross-country, enduro (dikenal juga dengan nama all-mountain), downhill (dikenal juga dengan nama gravity), dirt jump, free ride, fatbikes, e-bike, dan MTB untuk perempuan. Downhill merupakan salah satu jenis MTB yang paling terkenal. Sesuai dengan namanya, sepeda ini didesain khusus untuk naik dan menuruni bukit.

Tentu saja, sepeda gunung jenis downhill cukup mudah untuk ditemukan di Indonesia karena negeri ini memiliki banyak kawasan perbukitan. Ada banyak jenis sepeda gunung downhill yang terdapat di Indonesia, salah satunya dari Polygon. Tentunya, dengan harga yang bervariasi, dari yang murah hingga mahal.

Nah, penasaran apa saja sepeda downhill termahal yang ada di Indonesia beserta fotonya? Yuk, simak dulu:

1. Polygon Xquarone EX9 SRAM XX1

Harga: Rp. 102.000.000

Polygon Xquarone EX9 SRAM XX1 adalah downhill bike yang paling mahal. Harganya mencapai 102 juta rupiah. Xquarone EX9 adalah salah satu seri yang paling baru dan akan memberikan paradigma bahwa mekanisme travel suspensi tidak akan lagi membatasi performa sebuah downhill bike.

Xquarone EX9 juga dirancang dengan konstruksi rear end yang lebih pendek untuk tangguh mengatasi medan penuh teknis dan dapat melewati medan yang menikung dengan lebih cepat. Artinya, para pengendara bisa melewati rintangan dengan cepat dan mudah jika mengendarai sepeda ini. Wah, pantas saja harganya mahal ya!

Namun, buat kalian yang memang menyukai bersepeda downhill dan berencana ikut balapnya, seri Polygon yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik lho. Warna dan tampilannya pun sangat jantan ya?

2. Polygon Collosus DH9 Team Edition 2019

Harga: Rp. 100.000.000

Selanjutnya, ada Polygon Collosus DH9 Team Edition 2019 yang harganya masih di dalam kisaran ratusan juta. Mengapa harganya bisa sangat mahal? Rupanya, Collosus DH9 Team Edition memiliki front end dengan ukuran yang lebih panjang, wheelbase yang lebih panjang, serta menggunakan desain upper linkage dengan material karbon terbaru.

Tidak ketinggalan, Collosus DH9 juga telah dipercaya oleh atlet kelas dunia di berbagai negara untuk berlaga di ajang kompetisi sepeda dunia lho. Jadi, buat kalian yang mau mengikuti kompetisi, seri Polygon yang satu ini juga bisa jadi pilihan yang bagus kok!

3. Polygon Xquarone EX9 Shimano XTR

Harga: Rp. 93.000.000

Ada lagi nih, seri Xquarone EX9 yang tidak kalah mahalnya, di harga 93.000.000 rupiah. Sesuai dengan namanya, seri downhill bike yang satu ini dilengkapi dengan shimano XTR. Dalam kelas-kelas shimano, XTR merupakan salah satu yang tergolong high end dan didesain untuk para professional.

Sebab, jenis shimano yang satu ini memiliki daya tahan yang tinggi dengan bobot ringan sehingga membuat sepeda ini sangat cocok untuk lomba. Tampilan dan warnanya juga terlihat sangat jantan ya?

4. Polygon Xquarone EX8 SRAM X01

Harga: Rp. 82.000.000

Sebelum seri Xquarone EX9 lahir, seri Xquarone EX8 adalah yang paling canggih. Keduanya memiliki banyak kesamaan karena tergolong dalam seri yang sama, hanya saja Xquarone EX9 lebih modern daripada EX8. Selain itu, harganya juga jauh lebih murah daripada EX9. Selisihnya cukup banyak lho, hampir 20 juta rupiah.

Meskipun begitu, kalian tetap bisa menggunakan downhill bike ini untuk berlatih atau bahkan lomba balapnya lho. Modelnya pun tidak kalah kece ya!

5. Polygon Xquarone DH9 2019

Harga: Rp. 75.000.000

Sesuai dengan namanya, produk Polygon yg satu ini merupakan downhill bike yg disingkat DH dan diproduksi pada tahun 2019. Wah, masih cukup baru ya? Jadi, tidak heran apabila harganya masih tinggi, yaitu Rp. 75.000.000. Seri downhill bike yg satu ini termasuk dalam kategori full sus atau full suspension.

Hal ini berarti kalian bisa menggunakan downhill bike yg satu ini di medan yg cukup berat karena mereka memiliki dua suspensi yg terdapat pada fork depandan frame tengah. Dengan downhill bike full suspension, tenaga kayuhan yg hilang ke suspensi saat tanjakan pun akan berkurang.

6. Polygon Xquarone EX8 Shimano XT

Harga: Rp. 73.000.000

Selanjutnya, ada Polygon seri Xquarone EX8 lagi nih yg masuk ke dalam jajaran sepeda downhill termahal di Indonesia. Satu hal yg cukup unik dari seri sepeda yg satu ini adalah shimano XT. Shimano yg terdapat pada sepeda ini adalah salah satu yang paling high end dalam kelas-kelasnya.

Biasanya, di dalam sepeda gunung para atlit terdapat shimano XT. Hal ini disebabkan karena shimano XT memiliki daya tahan tinggi namun bobotnya ringan sehingga cocok untuk sepeda downhill para professional ya!

7. Polygon Collosus DH9 2019

Harga: Rp. 68.000.000

Jika kalian mencari Polygon seri DH yg lebih murah daripada Team Edition, ini bisa jadi seri yang tepat, yaitu Polygon DH9 2019. Sesuai dengan namanya, ini merupakan downhill bike yg diproduksi pada tahun 2019. Selain harganya, warnanya pun juga berbeda lho. Nah, bisa dicoba nih buat kalian yg ingin serius mountain biking!

8. Polygon Xquarone EX7 SRAM GX

Harga: Rp. 65.000.000

Ada lagi nih, downhill bike yg cocok buat para pecinta adrenalin, yaitu seri Xquarone EX7 SRAM GX. Harganya jauh lebih murah daripada yg lima teratas, namun desainnya tidak kalah kece lho. Selain itu, kalian tetap dapat menggunakan sepedah gunung yg satu ini buat berkompetisi.

9. Polygon Xquarone DH8 2019

Harga: Rp. 58.500.000

Sesuai dengan namanya, ini merupakan downhill bike yg diproduksi pada tahun 2019. Jadi, masih relatif baru ya. Harganya pun juga jauh lebih murah daripada yg urutan lima teratas lho. Nah, buat kalian yg mau berlatih untuk kompetisi atau bahkan langsung berlomba, sepeda seri ini juga bisa digunakan kok!

10. Polygon Xquarone EX7 Shimano SLX

Harga: Rp. 58.000.000

Polygon seri yg satu ini memiliki shimano SLX. Nah, shimano SLX memiliki daya tahan yg baik terhadap jalanan di pegunungan yg naik turun dan perpindahan gigi yg bagus dengan 12 speed. Harganya pun relatif murah apabila dibandingkan dengan yg lima teratas lho!

Itulah beberapa jenis downhill bike termahal di Indonesia 2022 beserta gambarnya. Buat kalian yg ingin mencoba hal baru atau suka tantangan, bersepeda turun gunung bisa menjadi kegiatan yg wajib dicoba. Jika kalian ingin membeli downhill bike, pastikan pilih kualitas terbaik untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan ya! Jangan lupa menggunakan helm.

Buat kalian yg merasa membutuhkan mountain bike namun dengan budget terbatas atau jenis lain, ada beberapa merk atau tipe yg menawarkan harga lebih murah kok dan jenis yg lebih bervariasi. Beberapa contohnya adalah Aviator, Pacific, Thrill, Phoenix, Exotic, Trek, United, dan lain-lain. Beberapa juga dijual di e-commerce lho. Jadi, tidak perlu merasa khawatir.