Wisata  

10 Sekolah Termahal di Indonesia Tingkat SMA, Adakah Sekolahmu?

harian-nasional.com/ – Pendidikan adalah hal yang wajib ditempuh oleh setiap anak di Indonesia, apalagi pendidikan formal. Tentu saja, hal ini bertujuan agar setiap anak di Indonesia bisa memiliki masa depan yang lebih baik. Untuk mendapatkan pendidikan formal, anak-anak harus pergi ke sekolah, sebuah tempat dimana mereka akan mengasah skill akademik maupun non-akademik dengan para guru.

Tingkat pendidikan yang wajib ditempuh oleh anak-anak di Indonesia ada 12 tahun dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA). Jenjang SMA adalah tingkatan paling akhir yang harus ditempuh seorang siswa sebelum masuk perguruan tinggi dan cukup krusial karena nilainya akan menjadi penentu saat mendaftar di kampus.

Sekolah saat SMA adalah salah satu penentu apakah seorang anak bisa diterima di kampus ternama nantinya. Oleh karena itu, orang tua harus pintar dan berhati-hati dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya yang mau masuk jenjang SMA. Biasanya, untuk menyekolahkan di tempat yang berkualitas, tentu saja ada biaya yang harus dibayarkan.

Biaya untuk sekolah mencakup banyak aspek, dari uang pendaftaran, SPP, seragam, buku, dan berbagai macam biaya lain yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Tentu saja, setiap sekolah memiliki jumlah biaya yang berbeda-beda.

Ada beberapa sekolah yang murah dan ada juga yang mahal. Beberapa sekolah swasta untuk tingkat SMA memiliki biaya tidak sedikit bahkan lebih mahal daripada sepatu dan tas bermerk, pendidikan pilot dan pelayaran.

Nah, penasaran apa saja nama sekolah termahal di Indonesia 2022 untuk tingkat SMA? Yuk, simak dulu:

1. Sekolah Pelita Harapan Lippo Village

SPP per tahun: Rp. 120.000.000

Berada di bawah naungan Yayasan Pelita Harapan, Sekolah Pelita Harapan (SPH) adalah salah satu yang paling mahal untuk tingkat SMA. Mereka menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Tidak ketinggalan, banyak tenaga pengajar yang berkualitas dan murid-murid dari luar negeri lho.

Fasilitas yang disediakan pun tidak kalah mewah, dari Olympic sized swimming pool, full size soccer field, laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain. Jadi, tidak heran apabila biayanya mencapai ratusan juta per tahun. Meskipun begitu, siswa bisa memilih pelajaran yang akan diambil sewaktu SMA sesuai dengan jurusan kuliah atau kebutuhan masing-masing.

2. British School Jakarta

SPP per tahun: Rp. 353.499.000 – Rp. 387.430.000

British School Jakarta adalah sebuah sekolah internasional yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar Inggris. Sekolah ini merupakan tujuan bagi anak-anak konglomerat, artis, serta orang-orang dari kalangan atas. Salah satunya adalah Maudy Ayunda. Sebab, harga yang harus dibayar untuk bersekolah di sini sangat mahal, mencapai lebih dari 300 juta per tahun.

Namun, fasilitas yang ditawarkan pun sangat menarik lho dari gedung pusat olahraga, lapangan bola dan tennis, ruang desain dan teknologi, perpustakaan, ruang tata boga, dan masih banyak lagi. Selain itu, kurikulumnya juga menggunakan International Baccalaureate (IB) yang diakui oleh banyak universitas di dunia.

3. Global Jaya International School

SPP per tahun: Rp. 124.300.000 – Rp. 149.600.000

Selanjutnya, ada Global Jaya yg masuk dalam deretan sekolah termahal di Indonesia untuk tingkat SMA. Sama seperti dua sekolah sebelumnya, Global Jaya menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Bahasa Inggris untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Fasilitas yg ditawarkan pun tidak kalah mewah lho dari perpustakaan, teater, gym, fitness center, kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan tennis, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tidak heran apabila sekolah yg terletak di kawasan Tangerang Selatan ini memiliki SPP yg sangat mahal.

4. Academic Colleges Group Jakarta

SPP per tahun: Rp. 306.500.000 – Rp. 310.500.000

Academic Colleges Group Jakarta adalah salah satu sekolah termahal untuk tingkat SMA. Salah satu sekolah terbaik dan paling eksklusif di Jakarta Selatan ini menggunakan kurikulum Selandia Baru. Tidak ketinggalan, para pengajarnya pun banyak yg merupakan WNA atau ekspatriat.

Fasilitas yg disediakan pun juga sangat beragam dari ruang seni dan musik, ruang kebugaran, laboratorium, perpustakaan, kolam renang, lapangan olahraga indoor, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak heran apabila biaya per tahunnya sangat mahal.

5. Bandung Alliance Intercultural School (BAIS)

SPP per tahun: Rp. 198.200.000

Tidak hanya Jakarta saja, Bandung juga punya nih salah satu sekolah dengan biaya termahal untuk tingkat SMA, yaitu Bandung Alliance Intercultural School atau disingkat BAIS. Sekolah ini terletak di pinggiran Kota Bandung, tepatnya di daerah Kota Baru Parahyangan. Tenaga pengajar dan murid-muridnya rata-rata WNA semua lho.

Setiap ruang kelas yg ada di BAIS dilengkapi dengan pendingin ruangan, komputer, proyektor, pengeras suara, bahkan papan tulis interaktif. Murid dan guru bahkan diperkenankan untuk menggunakan Wi-Fi. Setiap kelas hanya diisi sebanyak 25 murid agar semuanya mendapat perhatian yg optimal dari guru.

6. Jakarta Intercultural School (JIS)

SPP per tahun: Rp. 478.600.000

Sesuai dengan namanya, sekolah ini merupakan salah satu yg paling eksklusif dan terkenal mahal di Kota Jakarta. Mereka menggunakan kurikulum IB sebagai acuan untuk pembelajaran sehari-hari sehingga tidak heran jika tenaga pengajar dan murid di sini banyak yg merupakan WNA.

Fasilitas yg mereka sediakan untuk mendukung proses pembelajaran antara lain pusat kebugaran, laboratorium sains, lapangan olahraga, kolam renang, perpustakaan dengan ribuan koleksi buku, dan lain-lain.

7. Surabaya Intercultural School

SPP per tahun: Rp. 240.000.000

Tidak hanya Jakarta saja, Surabaya pun juga punya sekolah yg terkenal eksklusif, yaitu Surabaya Intercultural School. Sesuai dengan namanya, sekolah ini merupakan tempat bagi siswa dari 25 negara sehingga anak-anak akan diajari untuk saling menghargai antar budaya sejak dini.

Fasilitas yg ditawarkan pun tidak kalah menarik antara lain tiga laboratorium sains, laboratorium komputer, ruang kelas yg luas, kolam renang berukuran olimpiade, ruang seni, ruang keramik, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, sekolah ini juga diakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges di Amerika Serikat.

8. SMA Dwiwarna Bogor

SPP per tahun: Rp. 60.000.000

Meskipun bukan sebuah kota besar, namun Bogor juga punya nih salah satu sekolah termewah di Indonesia untuk tingkat SMA, yaitu Dwiwarna. Mereka menggunakan kurikulum Cambridge untuk pembelajaran sehari-hari, namun tetap mempertahankan identitasnya sebagai sekolah islam.

Fasilitas yg disediakan pun bermacam-macam dari ruang kelas memadai, laboratorium, kolam renang, bahkan asrama juga akan menampung para murid.

9. SMA Ciputra

SPP per tahun: Rp. 40.000.000

Ada lagi nih, sekolah SMA termahal di Surabaya, yaitu SMA Ciputra. Kurikulum yg digunakan adalah Cambridge dan murid yg mau masuk sini harus memiliki nilai TOEFL minimal 550. Fasilitas yg disediakan pun juga sangat memadai lho.

10. Binus School Simprug

SPP per tahun: Rp. 104.400.000

Binus Simprug adalah sekolah internasional yg memiliki SPP termahal di Indonesia untuk tingkat SMA. Kurikulum yg digunakan adalah IB dan Bahasa Inggris adalah untuk pengantar dalam pembelajaran sehari-hari. Bangunannya pun tidak kalah megah seperti gedung perkantoran! Tidak heran, biayanya mahal.

Itulah daftar dari beberapa sekolah termahal di Indonesia untuk tingkat SMA. Buat para orang tua yg punya cukup uang untuk bayar SPP per bulannya, mungkin beberapa sekolah di atas bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Namun, jika ingin mencari sekolah lain, masih banyak pilihan lain yg lebih murah.

Perlu diketahui, bahwa harga di atas bisa berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu.