Wisata  

10 Restoran dan Warung Steak di Makassar yang Paling Enak

harian-nasional.com/ – Kota Makassar, atau yang dulu dikenal sebagai Ujung Pandang, adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Sebagaimana ibu kota, Makassar merupakan kota metropolitan, dan termasuk yang terbesar se-Indonesia Timur.

Bahkan, bersamaan dengan Jakarta, Surabaya, dan Medan, Makassar termasuk empat kota dengan pusat pertumbuhan paling utama di negara kita. Kota multi kultur ini memiliki berbagai suku bangsa yang tinggal menetap di sana, sehingga mempengaruhi pada kulinernya juga.

Makassar terkenal dengan makanan Nusantara seperti coto Makassar, bassang, es pisang ijo, sop konro, dan lainnya. Tapi, kalau mau makan makanan ala Barat juga banyak pilihannya. Keluyuran telah mengumpulkan restoran yang menyediakan aneka steak terbaik dengan harga yang beragam. Ingin tahu ada di mana saja tempatnya? Langsung saja Keluyuran ke sana, yuk!

1. Pisa Kafe Makassar

* sumber: www.instagram.com

Pisa Kafe Makassar adalah restoran keluarga Italia yang otentik di Makassar. Mereka menyajikan pizza yang dimasak dalam oven dengan pembakaran kayu, pasta yang enak, steak yang lezat, dan gelato yang segar. Tak hanya hidangan ala Eropa, mereka juga menyajikan beberapa makanan khas Asia.

Tempatnya bagus untuk bersantai dan bersenang-senang bersama keluarga dan teman. Menu andalan mereka antara lain ada BBQ Short Ribs, Salmon Rosti (Rp 69 ribu), Spaghetti Carbonara (Rp 69 ribu), Pizza (Rp 84 ribu), dan aneka Gelato (Rp 44.000 / 2 scoop).

    Alamat: Jalan Boto Lempangan no. 58, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115

    Jam operasional: Senin – Kamis, jam 10 pagi – 12 malam | Jumat – Minggu, jam 11 siang – 1 dini hari

    Nomor telepon: (0411) 3635888

    Kisaran harga: Mulai dari Rp 40.000

    Instagram: @pisakafemks

2. Panbakers Latimojong

* sumber: www.constructionplusasia.com

Selanjutnya, ada Panbakers Latimojong. Namanya diambil dari nama jalan tempat restoran ini berada, yaitu Jalan Gunung Latimojong. Dengan konsep casual dining, Panbakers menyediakan tempat yang sangat luas, nyaman, elegan, namun tetap santai. Tempat ini cocok untuk makan-makan bersama teman, pacar, keluarga, maupun rombongan karena resto ini bisa menampung hingga 200 pengunjung sekaligus.

Desain interior ala industrial-nya membuat tempat ini cantik difoto dari sudut manapun. Mau selfie di meja sendiri, mau merapat ke open kitchen, semuanya Instagramable. Di Panbakers ada tema Late Night, buat anak-anak muda Makassar yang mau nongki malam-malam (di atas pukul 11 WITA) akan diberi welcome drink gratis.

Tapi, kalau siang harinya Panbakers seperti restoran pada umumnya saja yang penuh dengan orang kantoran, pengusaha, keluarga, dan anak muda yang mau makan siang.

    Alamat: Jalan Gunung Latimojong no. 140 (sebelah selatan RM New Dinar), Maradekaya Sel., Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90141

    Jam operasional: Setiap hari, jam 10 pagi – 1 dini hari

    Nomor telepon: (0411) 3618358

    Kisaran harga: makanan Rp 45.000 – 600.000

    Instagram: @panbakers

3. Boucher Deli

* sumber: www.instagram.com

Spesialis barbeque di Makassar, tentunya Boucher Deli jagonya. Konsep tempat ini adalah meat shop sekaligus restoran dan toko ritel, karena ‘boucher’ dalam bahasa Perancis berarti tukang daging dan ‘deli’ berarti kebutuhan sehari-hari.

Di sini, kamu bisa memilih daging yang mau dimasak dan cara masaknya seperti apa. Daging yang tersedia adalah aneka daging premium yang diterbangkan dari Jepang dan Australia. Restorannya ada dua tingkat, di lantai 1 lah meat shop-nya berada dan toko ritel untuk aneka roti, kopi, teh, saus, pasta, dan bumbu masakan.

Barulah di lantai 2 restoran steak dengan konsep semi-fine dining. Menu andalan mereka adalah wagyu. Kamu bisa memesannya jadi Steak, Wagyu Palubasa, Wagyu Meatball Soup, dan masih banyak cara lainnya untuk menikmati wagyu. Untuk menu Bbq-nya menggunakan saus homemade dan proses pembuatannya hingga 16 jam, loh!

    Alamat: Ruko Merpati Residence. Jalan Merpati no. 10, Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125

    Jam operasional: Setiap hari, jam 9 pagi – 7 malam

    Nomor telepon: 0813-5599-4333

    Kisaran harga: Rp 75.000 – 200.000 / orang

    Instagram: @boucherdeli

4. Bistropolis

*Sumber: https://web.facebook.com/bistropolis/

Seperti namanya, Bistropolis adalah sebuah bistro, yaitu restoran dan bar kecil. Tapi, kalau di Indonesia umumnya bistro itu merupakan tempat yang menjual aneka makanan khas Perancis. Bistro dengan nuansa rustic ini tak hanya menyediakan aneka masakan Barat, tapi juga Indonesia dan fusion alias masakan campuran sehingga bisa lebih diterima orang lokal.

Kamu harus coba menu Raviolli, Burget Gourmet, Four Cheese Pizza, dan untuk dessert-nya pesan Kue Lava Cokelat sama Es Krim Ferrero Rocher!

    Alamat: Jalan Sultan Hasanuddin no. 18 A-B, Baru, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115

    Jam operasional: Setiap hari, jam 12 siang – 8.30 malam

    Nomor telepon: (0411) 3636988

    Kisaran harga: Rp 100.000 – 200.000 / orang

    Instagram: @bistropolis

5. Holycow! SteakHouse By Chef Afit

* sumber: foursquare.com

Holycow! SteakHouse By Chef Afit ada di mana-mana, di Bandung, Jakarta, Tangerang, dan ada juga di Makassar. Mereka memulai bisnisnya pada tahun 2010 dari sebuah tempat kecil non-permanen di Jakarta Selatan. Sekarang mereka memiliki 26 cabang yang disebut Camp.

Untuk rasa steak-nya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kualitas dagingnya bisa dipilih, begitu pula dengan tingkat kematangan steak-nya bisa disesuaikan selera kamu. Kadang Holycow! mengadakan promo menarik juga misalnya Paket Combo yang terdiri dari 2 Steak Prime Sirloin 150 gram dan minuman dengan harga Rp 170.000 saja.

    Alamat: Jalan Pelita Raya no. 2 B, Balla Parang, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222

    Jam operasional: Setiap hari, jam 11 siang – 10 malam

    Nomor telepon: –

    Kisaran harga: Rp 75.000 / orang

    Website: steakholycow.com

6. Waroeng Steak & Shake

* sumber: makassarkuliner.com

Kalau WS alias Waroeng Steak & Shake jauh lebih beken lagi dari Holycow! Pasalnya, berkat WS, semua orang bisa makan steak. Karena, mereka menyediakan steak dengan harga sangat terjangkau dan rasa yang bisa diterima di lidah siapa saja.

Di sini bukan tempat untuk mencari steak berkualitas, tapi steak enak, porsi banyak, dan harga yang nggak bikin kantong bolong. Pelayanan WS juga cepat banget. Pesanan kamu akan datang kurang dari 10 menit. Yang kalap (kelaparan) bisa langsung makan tanpa nunggu lama, deh!

    Alamat: Jalan Kasuari, Mario, Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125

    Jam operasional: Setiap hari, jam 12 siang – 9 malam | Kecuali hari Jumat, jam 2 siang – 9 malam

    Nomor telepon: 0822-4252-0000

    Kisaran harga: Rp 20.000-an untuk steak

7. Boncafe

* sumber: boncafe.co.id

Restoran yang telah dibuka sejak tahun 1977 ini berawal dari kafe kecil yang menyediakan snack dan ice cream saja, itu pun di Surabaya, bukan di Makassar. Tapi, sebelum cabang pertama Boncafe dibuka, pemiliknya yang akrab disapa Opa dan Oma Sugita pernah berjualan kue basah di Singapura. Justru dari pengalaman itulah mereka menciptakan Boncafe.

Menu yang ada di Boncafe pun berkembang, dan untuk olahan steak-nya mereka punya cita rasa yang spesial karena disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Rasa yang kuat dari daging steak mereka adalah gurih, berbumbu, dan manis.

    Alamat: Jalan A. P. Pettarani No.80, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

    Jam operasional: Senin – Jumat, jam 10 pagi – 11.30 malam | Sabtu – Minggu, jam 10 pagi – 12 malam

    Nomor telepon: –

    Kisaran harga: Rp 75.000 / orang

    Cabang lainnya: Surabaya | Samarinda

    Instagram: @boncafesteak

8. Steak Ina

* sumber: steak-ina.business.site

Kedai steak ini sudah berdiri sejak tahun 2009. Di area Jalan Boto Lempangan, Steak Ina merupakan kedai yang paling laris. Kamubisa memesan aneka menu steak di sini. Pelayanannya ramah dan cepat, terus harganya terjangkau banget. Nggak usah bawa uang banyak pun kamu sudah bisa makan steak enak.

    Alamat: Jalan Boto Lempangan no. 37, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90113

    Jam operasional: Setiap hari, jam 11 siang – 10.30 malam

    Nomor telepon: 0822-4335-1115

    Kisaran harga: –

9. Kaget Steak and Blend Makassar

*Sumber: https://web.facebook.com/kagetsteakandblend/

Mau tahu tempat makan steak yang bikin kaget? Cuma di Kaget Steak, kamu bisa makan dengan aneka steak + french fries yang sausnya bisa double rasa. Misalnya mau campur saus blackpepper dengan saus bbq, bisa saja. Cita rasanya mirip seperti Waroeng Steak & Shake, yaitu steaknya digoreng tepung hingga garing. Cukup memuaskan untuk mengisi perut saat makan siang.

    Alamat: Vinyard Panakukkang Mall. Jalan Adiyaksa no. 18A, Pandang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

    Jam operasional: Setiap hari, jam 10 pagi – 10 malam

    Nomor telepon: 08114080880

    Kisaran harga: Rp 22.000 – 96.000

    Facebook: Kaget Steak Makassar

    Ojek online available

10. Mysteak

* sumber: www.nganre.com

Steak dengan cita rasa Indonesia bisa kamu dapatkan di Mysteak, Jalan Aroeppala, Rappocini. Kisaran harga steak di sini mursidah alias murah meriah. Kualitas dagingnya cukup baik dan rasanya enaaaak. Tempatnya rapi, bersih, pelayanannya cepat, very recommended pokoknya Mysteak itu. Menu favorit: Tenderloin Steak.

    Alamat: Jalan Aroeppala no. 8, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221

    Jam operasional: –

    Nomor telepon: 0823-4669-2224

    Kisaran harga: –

Oke, itu dia kesepuluh tempat makan steak yang enak dengan harga pas di Makassar. Sekarang, kamu tinggal pilih saja mau ke warung steak yang mana, sesuaikan dengan seleramu. Punya rekomendasi tempat makan steak lain di Makassar? Beri tahu pembaca lain di kolom komentar, ya!