Karir  

10 Resolusi Karier yang Perlu Kamu Buat di 2022

harian-nasional.com/ – Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidup, baik itu jangka pendek atau jangka panjang. Berbagai aktivitas dan usaha direncanakan untuk mencapai tujuan besar tersebut. Namun sebagai manusia, selalu saja ada hal-hal yang terlewat dalam mengeksekusi rencana tersebut. Kamu tentunya tidak ingin berkutat dalam kesalahan terus menerus, bukan? Memang dibutuhkan evaluasi dan resolusi yang dilakukan agar kita mampu menjalani hidup lebih baik lagi setiap harinya. Tahun baru bagi banyak orang adalah momen yang tepat untuk membuat resolusi, termasuk dalam hal karier. Sembari kamu berpikir, saya punya 10 hal yang mungkin bisa kamu masukkan dalam daftar resolusi kariermu di tahun 2018.

Hilangkan Kebiasaan Buruk

© Tirachard via freepik.com

Selalu mengeluh karena merasa kurang produktif di 2017? Mungkin kebiasaan burukmu yang mendistraksi jadi salah satu alasannya. Tahun baru 2018 adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi mengenai semua kebiasaan buruk yang mengganggu produktivitasmu. Kamu bisa mengingat-ingat apa saja hal yang paling mendistraksimu saat bekerja. Sosial media, misalnya, sepertinya saat ini menjadi hal yang paling umum mendistraksi banyak orang. Belum lagi jika kamu mengaktifkan fitur notifikasi di gadget. Alih-alih menyelesaikan pekerjaan, kamu jadi sibuk mengomentari foto temanmu yang baru saja diunggah di Instagram. Saya punya satu cara efektif agar resolusimu ini berhasil: langsung tutup media sosial begitu kamu membukanya.

Kesadaran Diri

© freepik.com

Salah satu resolusi yang bisa kamu rencanakan dalam menjadi seorang profesional adalah meningkatkan kesadaran diri. Apa yang dimaksud dengan kesadaran diri? Kesadaran diri atau self-awareness adalah keadaan di mana kamu mengetahui dan menyadari setiap kelebihan, kekurangan, kebutuhan, dan tujuanmu. Kemampuan ini akan senantiasa bertambah seiring banyaknya pengalaman hidup yang kamu alami. Selain itu, buatlah resolusi untuk lebih banyak berdialog dengan jujur dengan diri sendiri. Semakin baik kamu memahami dirimu, semakin mudah pula kamu menentukan rencana-rencana hidup dan membentuk kariermu di dunia profesional.

Lebih Rapi dan Terorganisasi

© focus7shot.com

Resolusikan untuk jadi semakin rapi dan terorganisasi di tahun 2018. Kamu bisa memulainya dengan merapikan meja kerjamu. Kemudian untuk kamu yang sering ber-multi-tasking, kelompokkan pekerjaanmu berdasarkan media kerja (komputer, kertas, atau ponsel) untuk diselesaikan di waktu yang sama. Pernah kehilangan suatu dokumen penting? Mulailah mengatur dokumen fisik dan digital yang kamu miliki agar tidak bingung saat mencarinya. Selain itu masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan untuk resolusi jadi pribadi yang lebih terorganisasi di 2018. Jadilah lebih rapi dalam hal-hal simpel agar kamu bisa lebih efisien saat mengerjakan hal-hal yang lebih rumit.

Ambil Risiko

© vanrin6.ga

Jika kamu merasa tahun 2017-mu membosankan, mungkin kamu harus membuat resolusi untuk mengambil risiko dan tantangan-tantangan baru tahun depan. Cari tantangan baru dengan membuat proyek sampingan dengan teman-temanmu. Jika kamu bosan dengan tempat kerjamu sekarang, mencari tempat kerja baru mungkin akan membawamu ke petualangan baru yang menyenangkan. Jadikan tahun 2018 sebagai momen yang tepat untuk mencoba hal-hal baru.

Mulailah Membaca Buku

© Snowing via freepik.com

Hal lain yang mungkin ingin kamu tambahkan dalam resolusimu adalah daftar buku bacaan. Dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan sudut pandang baru dari penulis mengenai suatu permasalahan tertentu. Buku yang kamu baca tidak harus sesuai dengan bidang yang kamu geluti sekarang. Namun pastikan juga buku yang kamu baca benar-benar bermanfaat untukmu. Sebagai patokan, kamu bisa coba mencari daftar buku-buku bagus yang biasa dibaca oleh orang-orang sukses.

Banyak orang gagal dengan resolusi membaca buku. Salah satu alasannya, mereka sulit menemukan waktu untuk membaca buku di tengah-tengah kesibukan. Saya sarankan kamu membawa buku ke manapun kamu pergi. Gunakan setiap waktu kosong yang kamu miliki untuk membacanya, sesingkat apapun itu. Baik itu di perjalanan, sebelum tidur, menunggu antrian, maupun menunggu menu pesanan datang di restoran. Sedikit demi sedikit, kamu akan menghabiskan daftar buku tersebut satu persatu.

Cari Mentormu Sendiri

© theladders.com

Salah satu jalan menuju kesuksesan adalah belajar dari orang-orang yang sudah selangkah di depan. Buat resolusi di tahun 2018 untuk memulai mentoring. Mentoring adalah hubungan di mana seorang yang lebih berpengalaman, atau biasa disebut mentor, membantu dan mengarahkan orang yang kurang berpengalaman, atau mentee. Dengan mentoring kamu bisa belajar dari pengalaman orang tersebut sekaligus mendapat bimbingan.

Sebelum mulai melakukan resolusi ini, definisikan terlebih dahulu apa tujuanmu di bidang yang kamu geluti. Hal ini akan sangat membantu saat kamu mulai mencari siapa orang yang bisa kamu teladani dalam karier di bidang yang kamu geluti saat ini. Kamu bisa mulai mencari mentor dari orang-orang terdekat, bisa atasan, teman sekantor, kakak, atau mungkin orang tuamu sendiri.

Bersihkan Media Sosialmu

© iq.intel.com

Tahun baru ini adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi mengenai personal branding-mu. Sebagai seorang profesional kamu harus tampak profesional di mana pun dan kapanpun, termasuk di dunia maya. Review kembali setiap profil akun media sosial yang kamu miliki, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan yang terpenting, LinkedIn. Posisikan dirimu sebagai orang lain, lalu lihat apakah profilmu sudah cukup mewakili kamu sebagai seorang profesional.

Belajar Berkomunikasi

© freepik.com

Sebagai seorang profesional, skill komunikasi sangat penting untuk dikuasai. Jadi mengapa tidak memasukkannya dalam daftar resolusi? Kamu bisa me-review setiap proyek yang kamu kerjakan di 2017, berapa kali kamu mengalami miskomunikasi dengan rekan kerja, atasan, atau bawahan. Kemudian minta feedback dari mereka mengenai apa yang kurang dari cara komunikasimu.

Tidak hanya komunikasi verbal, kamu juga harus meresolusi skill komunikasi tertulismu. Kamu bisa membaca kembali surat, e-mail, dan chat yang pernah kamu kirim untuk menemukan kesalahan di sana. Selain itu, agar berhasil dalam resolusi ini, kamu bisa mencari kelas menulis gratis di internet. Tingkatkan skill menulismu agar kamu makin mahir menuangkan ide-ide brilianmu dalam tulisan.

Aktif di Organisasi Profesi

© freepik.com

Untuk menjadi seorang profesional yang sukses kamu butuh memiliki jejaring yang luas agar kompetensimu makin dikenal oleh banyak orang. Maka, di tahun baru 2018 ini resolusikan untuk aktif berkecimpung di organisasi profesi. Selain menambah jejaring, dengan mengikuti organisasi profesi kamu bisa berbagi pengalaman dan tentu saja menambah wawasan tentang profesimu.

Sukarela

© uworkin.com

Jadilah lebih bermanfaat untuk sesama dengan memasukkan kegiatan volunteering di resolusi tahun barumu. Ada banyak kegiatan sukarela yang bisa kamu ikuti seperti kegiatan keagamaan, membantu korban bencana alam, mengajar anak-anak di tempat-tempat terpencil, sampai membangun infrastruktur kecil-kecilan di desa-desa. Kamu bisa mencari informasi lebih lengkap untuk resolusi ini di situs komunitas relawan seperti indorelawan.org.

Itu tadi 10 hal yang bisa kamu masukkan dalam daftar resolusi kariermu di tahun baru 2018 ini. Jika kamu sudah selesai membuat daftar tersebut, cobalah hormati daftar tersebut dengan membuat komitmen kuat dengan diri sendiri. Libatkan juga orang terdekat seperti pasangan, teman, atau keluarga untuk membantumu jadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat tahun depan. Lakukan semua dengan total agar resolusimu tidak gagal lagi di tahun depan.

Ingin membaca tips dan trik lain seputar karier dan dunia profesional seperti artikel ini? Glints adalah website yang dipersembahkan untuk kamu para profesional muda. Untuk kamu yang masih mencari pekerjaan, di Glints juga terdapat berbagai informasi lowongan kerja full-time, part-time, magang, hingga project-based. Kamu juga bisa mengunggah informasi diri dan melamar pekerjaan yang kamu inginkan dengan sign up di Glints. Selamat membuat resolusi dan selamat tahun baru 2018!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”