Wisata  

10 Referensi Air Terjun Cantik di Indonesia Yang Tak Kalah Indah Dengan Niagara Beserta Letaknya

harian-nasional.com/ – Indonesia memang salah satu negara terindah di dunia, tak hanya memiliki beragam flora dan fauna, tapi keindahan alam di nusantara sudah tidak bisa diragukan lagi.

Banyak pesona alam di Indonesia yang keelokannya sudah terkenal hingga ke seluruh dunia, terbukti dari banyaknya kunjungan wisatawan asing datang ke negara kita hanya untuk menikmati keindahan alamnya.

Beragam jenis panorama alam dari Sabang hingga Merauke berjejer menampilkan pesona luar biasa, mulai dari pantai, pegunungan, perbukitan, waduk buatan, situs sejarah hingga air terjun.

Namun pada artikel kali ini tim Jejakpiknik akan membahas mengenai daftar air terjun terindah di sekitar Indonesia yang sangat bagus untuk dikunjungi. Dan berikut adalah review lengkap beserta dengan letaknya.

1. Dua Warna

Alamat: Ds.Bandar Baru, Sibolangit, Kab.Deli Serdang, Sumatera UtaraMap: Klik DisiniJam Buka: 07.00-17.00HTM: Rp.25.000

Selain Sipiso-piso, di Sumatera Utara juga ada sebuah air terjun sangat cantik yang dikenal dengan nama Dua Warna, lokasi tepatnya berada di desa Bandar Baru, Sibolangit.

Dari namanya saja, objek wisata romantis ini sudah mengindikasikan bahwa airnya mempunyai dua warna yakni biru dan bening. Bisa dibayangkan kan kalau pemandangan spot ini sangat eksotis.

Meski memiliki medan berbahaya dan cukup menantang tapi banyak wisatawan berjuang ke area ini hanya untuk menikmati kesejukan alam ataupun hanya sekedar hunting foto, gambar ataupun video keren.

2. Tumpak Sewu

Alamat: Jln.Raya Sidomulyo, Besukcukit, Pronojiwo, Lumajang, Jawa TimurMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.3.000

Nah, buat Sahabat Jejakpiknik yang ingin menikmati keindahan alam terbaik di dunia, tak perlu harus jauh-jauh melewati benua.

Pasalnya, di Jawa Timur ada objek wisata indah mirip air terjun niagara namanya Tumpak Sewu. Tak heran jika destinasi ini dijuluki “niagaranya” Indonesia.

Bahkan menurut versi On The Spot, Tumpak Sewu sendiri terkenal sebagai salah satu urutan curug terunik, terbagus dan tercantik di Indonesia.

3. Mursala

Alamat: Pulau Mursala, Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, Sumatera UtaraMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Menurut Wikipedia, dari kumpulan curug di Indonesia, air terjun Mursala di Tapanuli Tengah ini adalah tempat wisata alam paling aneh juga unik di dunia karena airnya langsung mengalir ke laut.

Terkenal lewat sebuah film berjudul “Gorilla”, Mursala tak hanya populer karena alami saja namun tempat ini juga dikenal sebagai salah satu destinasi terangker di Indonesia.

Bahkan saking angker dan penuh cerita misteri serta untuk menuju lokasi harus menggunakan kapal, destinasi tersebut pun jarang dikunjungi. Sayang ya, padahal sektor pariwisata ini sangat cantik lho.

4. Ponot

Alamat: Ds.Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Pintu Pohant Merant, Kab.Asahan, Sumatera UtaraMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.10.000

Meski tak sepopuler Sipiso-piso tapi menurut Wikipedia sebagai sumber rujukan, air terjun Ponot di kabupaten Asahan ini adalah curug tertinggi di Indonesia.

Dengan tinggi mencapai 250m, curug bertingkat dua yang dihiasi debit air cukup deras ini sangat layak bila disebut sebagai air terjun raksasa terbesar di Indonesia.

Objek wisata ini sendiri juga dihiasi dengan banyak bebatuan berukuran besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5. Bangkong

Alamat: Ds.Kertawirama, Nusaherang, Kab.Kuningan, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 24 jamHTM: GratisNo.Telp: 0817 613 246

Tak hanya Mursala saja yang terkenal menyeramkan, air terjun Bangkong juga cukup mengerikan dan misterius karena penuh cerita mistis tentang hal gaib terkait menghilangnya seorang petapa.

Meskipun memiliki sejarah aneh yang cukup seram tapi karena keindahan panoramanya, tidak jarang orang menganggap tempat keramat ini sebagai kawasan angker.

Satu hal yang unik dari tempat ini adalah dengan ketinggian mencapai 23m membuatnya memiliki debit air sangat besar. Jadi walaupun di musim kemarau atau hujan, area tersebut tetap menyajikan keindahan luar biasa.

6. Madakaripura

Alamat: Ds.Sapih, Branggah, Kec.Lumbang, Kab.Probolinggo, Jawa TimurMap: Klik DisiniJam Buka: 24 Jam

Dengan ketinggian mencapai 200m, curug Madakaripura di desa Sapih Probolinggo ini pun masuk sebagai salah satu air terjun terbesar di Indonesia.

Menyajikan pemandangan alam terbaik, spot Madakaripura yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo ini sarat dengan legenda Mahapatih Gadjah Mada.

Bak sebuah permata turun dari langit dan memiliki debit air cukup besar, mutiara tersembunyi ini pun kerap dijadikan sebagai tempat bersemedi oleh mereka yang hidup di dunia mistis.

7. Kedunggupit

Alamat: Dsn.Gayam, Ds.Klino, Sekar, Bojonegoro, Jawa TimurMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Jawa Timur memang terkenal sebagai surganya air terjun. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah curug bisa kita temukan di wilayah tersebut dan salah satu contoh yakni Kedunggupit di Bojonegoro.

Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja namun derasnya debit seolah membuat air sedang menari dan mengajak pengunjung untuk segera mendekat.

8. Grenjengan Kembar

Alamat: Dusun Citren, Munewarang, Pakis, Kab.Magelang, Jawa TengahMap: Klik DisiniJam Buka: 08.00-18.00HTM: Rp.5.000

Tak hanya Semarang yang punya air terjun bernama Grenjengan, Magelang juga punya namanya yaitu Grenjengan Kembar, letaknya tepat berada di dusun Citren.

Surga tersembunyi yang belum banyak dieksplor oleh wisatawan ini memiliki banyak spot menarik, sehingga sangat layak buat Sahabat JejakPiknik jelajahi.

9. Lawe

Alamat: Ungaran Barat, Gonoharjo, Limbangan, SemarangMap: Klik DisiniJamBuka: 06.00-15.00HTM: Rp.5.000No.Telp: (024)6921 424

Sebagai objek wisata baru di Semarang dan belum begitu dikenal publik, tapi curug Lawe ini pernah dijadikan sebagai destinasi lho oleh sebuah acara traveling di salah satu stasiun TV swasta. Tak percaya? coba aja cari videonya di youtube.

10. Pengantin

Alamat: Ds.Sabrang, Hargomulyo, Ngrambe, Kab.Ngawi, JatimMap: Klik DisiniJam Buka: 08.00-17.00HTM: Rp.6.000No.Telp: 0898 9489 489

Memiliki keunikan dimana dihiasi dengan dua aliran berdampingan seperti laki-laki dan perempuan, membuat warga lokal menyebut curug tersebut sebagai air terjun Pengantin.

Terlepas dari kisah melegenda, curug yang kerap disingkat ATP ini pun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik mulai dari spot foto buatan hingga deretan warung makan ala restoran.

Nah, selain daftar diatas, Indonesia juga masih punya banyak lagi curug yang cantik dengan beraneka macam jenis mitos ataupun legenda seperti:

– Dolo di Kediri– Coban Rondo Malang– Semirang Ungaran– Tretes Jombang, Dll.