Wisata  

10 Pilihan Restoran India di Bandung dengan Rasa Autentik

harian-nasional.com/ – Masakan India tidak hanya digemari di negara asalnya, tapi juga di negara-negara lainnya, seperti Amerika, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan juga Indonesia tentunya. Sebenarnya untuk mengatakan “ini masakan India” itu agak sulit.

Karena, India itu sangat luas, mereka memiliki kebudayaan yang berbeda di setiap daerahnya. Itu mempengaruhi makanannya juga. Letak perbedaan terbesarnya ada pada penggunaan rempah-rempah dan ingredient dari masakan tersebut.

Di Indonesia tentunya tidak memiliki bumbu dan sayur mayur serta condiment lainnya yang sama persis dengan yang ada di India, sehingga sangat mungkin cita rasanya jadi sedikit berbeda. Para penyedia masakan India di dalam negeri pun pasti menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia agar bisa lebih diterima.

Akan tetapi, beberapa restoran India di Bandung ini dikenal membuat masakan khas India, Timur Tengah, dan sekitarnya dengan cita rasa yang mirip dengan masakan aslinya. Yuk, langsung saja Keluyuran ke restoran-restoran yang recommended di bawah ini!

1. Prabhu Curry House

* sumber: www.zomato.com

Prabhu Curry House menjadi pilihan pertama Keluyuran buat restoran India terbaik di kota Bandung. Dulu bernama K99 Curry House, restoran ini masih sama seperti dulu untuk urusan makanannya.

Menu andalan mereka diantaranya ada Nasi Biryani, Chicken Tandoori, Samosa, Butter Chicken, Mango Lassi, Masala Tea, dan masih banyak lagi. Tapi, yang harus kamu tahu adalah, Prabu Curry juga menyajikan masakan Asia, khususnya masakan ala Cina.

    Alamat: Jalan Prabu Dimuntur no. 18, Coblong, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

    Jam operasional: Senin – Jumat, jam 12 siang – 8 malam | Sabtu – Minggu jam 11.30 siang – 8 malam

    Nomor telepon: 0819-0815-8044

    Kisaran harga: Rp 100.000 / 2 orang

    Instagram: @prabhucurry

2. Spice Affair Bandung Indian Fusion Cuisine

Jika Prabhu Curry House menyediakan masakan India dengan affordable price, Spice Affair Bandung Indian Fusion Cuisine ini versi mewahnya, genks. Walaupun agak lebih pricey, tempat ini benar-benar baik dalam segi makanan, tempat, pelayanan, semuanya, very pleasing! Jika ini pertama kalinya kamu makan masakan India, pasti bakal langsung jatuh cinta dengan hidangan di Spice Affair Bandung Indian Fusion Cuisine.

Begitu masuk ke dalam restoran, aroma rempah-rempahnya langsung menyapu hidung, harum banget! Kare, Masala Chai, semuanya nikmat. Walaupun rasanya autentik India banget, orang Bandung dan orang Indonesia masih bisa menikmatinya. Mungkin karena ini restoran fusion, sehingga cita rasa Indianya sudah di-blend dengan bumbu-bumbu lokal sehingga rasanya pas.

    Alamat: Jalan Sukajadi no. 186, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162

    Jam operasional: Setiap hari, jam 11.30 siang – 9.30 malam

    Nomor telepon: (022) 64401234

    Kisaran harga: Rp 500.000 / 2 orang

3. Taste of India

* sumber: info.pikiran-rakyat.com

Taste of India menyajikan masakan khas India Utara dan India Selatan. Kerennya lagi, mereka menyediakan makanan untuk vegetarian maupun non-vegetarian. Very considerate and well thought!

Meskipun restorannya tidak terlalu besar, tempat ini tetap nyaman dan ada nuansa India yang bisa kamu rasakan. Ditemani lagu-lagu India yang dimainkan di restoran ini, makan pagi, siang, maupun malammu pasti lebih seru. Menu rekomendasi Taste of India adalah Mutton Briyani, Mutton Korai Ghost, Tandoori Chicken, dan berbagai jenis Roti mereka.

    Alamat: Jalan Pasir Kaliki No. 44, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

    Jam operasional: Setiap hari, jam 11 siang – 12 malam

    Nomor telepon: (022) 4234941

    Kisaran harga: Rp 20.000 – 50.000

4. Curry Corner

* sumber: foursquare.com

Percaya tidak, di food court Pasar Baru ada tempat makan masakan India? Percaya, dong, karena memang beneran ada! Namanya adalah Curry Corner. Alasan kenapa ada kedai India di sana adalah, kan banyak pedagang kain yang asli orang India atau peranakan India di Pasar Baru.

Makanya, pas ada kedai ini, orang-orang keturunan India sering makan siang di sana. Para pembeli dan pencari kain, baju, oleh-oleh haji, dan apapun juga dari Pasar Baru juga bisa mencicipi menu khas India seperti Butter Chicken, Chicken Tikka, Gowa Fish Curry, Lamb Kebab, Lamb Curry, dan aneka macam Roti.

    Alamat: Pasar Baru Trade Center. Jalan Otto Iskandardinata (Pasar Barat) no. 18, Kebun Jeruk, Andir, Bandung

    Jam operasional: Sama dengan jam mall

    Nomor telepon: –

    Kisaran harga: –

5. Martabak India Tubagus

*Sumber: https://www.instagram.com/martabakindiatubagus/

Kedai ini tidak menjual aneka makanan khas India, hanya satu macam saja, yaitu martabak. Saya juga sebenarnya bingung, memangnya di India ada martabak? Hehe. Mungkin ada tapi nama dan penampilannya beda, kali, ya. Soalnya kalau dilihat-lihat, martabak ‘India’ ini nggak ada bedanya dengan martabak lokal pada umumnya. Yang membuatnya menjadi martabak India adalah, menu ini dinikmati dengan semangkuk kari hangat!