Wisata  

10 Makanan Khas Mamuju untuk yang Menggugah Selera

harian-nasional.com/ – Indonesia kaya akan makanan tradisional yang begitu beragam bentuk dan rasanya. Satu diantaranya yang kamu harus coba adalah makanan khas dari daerah Mamuju, Sulawesi Barat. Sekalipun daerahnya terkenal sebagai penghasil kopi dan kakao, tetapi penganan yang dihasilkan tak hanya seputar kedua bahan itu.

Ingin tahu lebih lanjut tentang kuliner dari Mamuju? Simak ulasan kuliner khas Mamuju yang harus kamu cicipi kelezatannya berikut ini ya!

1. Jepa

Jepa merupakan makanan khas dari Suku Mandar, penganan ini merupakan olahan dari singkong atau bisa juga sagu serta kelapa. Makanan ini biasanya dibentuk bulat pipih, warnanya putih dengan sedikit kecoklatan. Sebelum dimakan, kamu juga bisa menambahkan gula aren agar terasa manis.

Jepa merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat. Kue ini biasanya dipanggang dengan menggunakan kayu bakar, sehingga aromanya akan menggugah selera. Jepa juga biasanya dimakan bersama Bau Peapi tanpa gula aren.

Jepa merupakan makanan tradisional yang sudah cukup sulit untuk kamu cari. Kamu bisa mencarinya di warung-warung tradisional. Selain di warung kamu juga daapt menemukannya di saat ada perayaan-perayaan besar. Jepa biasanya dijual dengan harga sekitar Rp5.000 per lembarnya.

2. Bau Peapi

Bau Peapi atau juga Bau Piapi adalah makanan yang berasal dari hasil laut Mamuju. Bau Peapi merupakan masakan hasil olahan ikan segar yang masak dengan bumbu kuah kuning dan juga rempah-rempah. Masakan ini akan terasa lezat saat kamu santap dengan nasi yang masih hangat.

Masakan ini juga merupakan makanan khas dari suku Mandar, Sulawesi Barat. Bahan yang digunakan untuk masakan ini biasanya digunakan adalah ikan cakalang, ikan tongkol dan juga ikan tuna. Bau Peapi memiliki rasa asam dan juga gurih, dari bumbu kunyit, asam mangga, dan bawang mandar.

Bau pepai akan lebih nikmat jika kamu memasakanya menggunakan kayu bakar, aroma yang dihadirkan akan semakin mengugah selera. Jika kamu berkunjung jangan lupa untuk mencoba kelezatan bau peapi, kamu dapat menyantapkan dengan harga 25 ribu rupaih.

3. Kue Cucur

Kue ini mungkin kue yang banyak orang tahu, cucur merupakan makanan khas Mamuju. Kue ini berbentuk bundar dan pipih dan terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kue ini dimasak dengan cara digoreng dengan minyak kelapa khas Mandar. Kue ini memiliki rasa manis khas gula merah.

Kue cucur biasanya dihadirkan pada saat ada acara hajatan atau pun acara syukuran di daerah Mamuju. Kue cucur merupakan kue yang cukup populer di Sulawei Barat. Jika kamu ingin mencoba kue cucur khas Mamuju kamu akan menemukannya di sepanjang jalan menuju Mamuju.

4. Kue Paso

Kue Paso merupakan kue yang bentuknya seperti kerucut, oleh orang dahuku kue ini disebut dengan paso karena bentuknya yang mirip paku yang lancip. Kue ini merupakan kue khas dari daerah Mandar yang digemari oleh anak-anak. Kue ini merupakan olahan dari tepung kanji, gula merah dan santan.

Kue paso dicetak dengan cara yang unik, yaitu dengan daun pisang yang dibentuk kerucut. Kue ini dimakan dengan menggunakan sendok yang terbuat dari daun pisang yang dibentuk kotak panjang. Kue paso akan terasa lebih sedap saat kamu santap masih dalam keadaan hangat.

5. Gogos Kambu

Gogos kambu merupakan makanan yang biasa dijadikan makanan pelengkap di saat ada upacara-upacara adat. Tetapi saat ini gogos kambu dapat kamu nikmati kapan saja dimana saja tak harus menunggu adanya upacara adat. Selain itu juga gogos kambu juga biasa disajikan di saat lebaran.

Gogos kambu merupakan makanan yang mirip dengan lemper jika di Pulau Jawa. Beras ketan adalah bahan utama yang biasa diisi dengan ikan tongkol dicampur dengan kelapa sangrai. Tetapi ada juga yang dibuat dengan tanpa isian, agar dapat bertahan lebih lama.

Gogos kambu dimasak dengan cara dikukus yang lalu selanjutnya akan dipanggang agar lebih tahan lama. Gogos bisa bertahan hingga satu minggu, tetapi itu bergantung dengan cara kamu memasaknya. Biasanya penganan ini dijadikan makanan pengganti nasi disaat kamu bepergian.

6. Bolu Paranggi

Jika melihat penampilannya kue ini hampir mirip dengan bolu kukus, tetapi yang menjadi ciri khas bolu paranggi adalah bolunya yang berwarna cokelat. Bolu ini terbuat dari bahan beras ketan yang dicampur dengan gula aren yang memberi warna coklet dan rasa manis pada bolunya.

Bolu paranggi merupakan makanan khas dari suku Mandar, camilan ini dimasak dengan cara memanaskan terlebih dahulu cetakannya dalam bara api. Bolu ini memiliki cetakan yang berbentuk seperti mangkuk. Penganan ini sangat cocok kamu santap dengan teh hangat dan kopi panas.

7. Roti Pawa

Tampilan dari roti pawa mungkin akan mengingatkan kamu pada camilan bakpau. Camilan ini juga dimasak dengan cara yang sama dengan bakpau yaitu dikukus. Perbadaan roti ini dengan bakpau adalah ada pada bahan pembuatannya tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras.

Roti pawa juga biasanya diisi dengan kacang yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan gula merah dan juga gula pasir. Tetapi saat ini telah lebih banyak varian isi dari roti pawa ini, ada yang diisi cokelat, kacang hijau, dan juga kelapa. Roti pawa yang empuk dan manis wajib kamu cicipi.

8. Sambusa