Wisata  

10 Kuliner Bakso Enak di Bandung yang Wajib Dicoba

harian-nasional.com/ – Udara Bandung memang sudah sejuk-sejuk dingin, apalagi kalau sedang musim penghujan begini, bawaannya jadi ingin selimutan terus atau makan yang hangat-hangat. Kalau ngidam makanan yang bisa bikin tubuh menjadi hangat tentu saja kamu akan ingat bakso enak di Bandung.

Tempat makan bakso di Bandung ada banyak sekali, mulai dari bakso kampung sampai dengan bakso beranak. Bahkan kalau kamu ingin praktis, kamu tidak perlu repot-repot mendatangi tempatnya, karena akan selalu ada tukang bakso yang suka berjualan keliling pakai gerobak.

Nah, kalau kamu ingin tahu bakso mana saja yang enak banget dan dijamin bikin ketagihan, Keluyuran punya rekomendasi 10 bakso enak di Bandung yang wajib dicoba. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Mie Bakso Akung

Mie Bakso Akung ini merupakan incaran para wisatawan karena cita rasanya yang khas, sehingga tidak ditemukan saingannya di mana pun. Mie yang disajikan di sini sangat lembut dan kenyal, dipadu dengan bakso dan kuah yang gurih. Memang, deh, sukses membuat orang-orang jatuh cinta. Untuk kamu yang tidak bisa makan banyak, Keluyuran menyarankan untuk pesan 1/2 porsi saja, karena segitu juga sudah banyak isiannya.

Kamu tidak akan pernah bosan makan di sini, karena topping-nya ada berbagai macam. Ada bakso halus, bakso urat, tahu, siomay, sampai ceker. Nah, si ceker ini menjadi daya tarik utama juga karena dagingnya yang empuk dan tidak berbau.

    Alamat: Jl. Lodaya No.123, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung

    Nomor telepon: (022) 7314746

    Jam operasional: Senin-Sabtu, 10.00-20.00 WIB, Jumat tutup

    Kisaran harga makanan: Sekitar Rp14. 000-Rp48.000 per porsi

    Kisaran harga minuman: Sekitar Rp6.000-R.27.000 per gelas/botol

2. Bakso Semar

Selanjutnya, ada Bakso Semar. Bakso enak di Bandung ini buka 24 jam, loh! Keren banget kan, tempat bakso bukanya seharian.

Di Bakso Semar tersedia menu bakso biasa, bakso dan tulang rusuk sapi, sampai mie yamin. Tapi, Keluyuran rekomendasikan untuk kamu mencoba bakso besar dengan tulang rusuk sapi, karena dagingnya empuuuk banget! Selain ada tulang rusuk, ada juga tambahan lainnya seperti tetelan dan ceker.

Bakso Semar ini banyak sekali cabangnya. Ada di gang buntu Jalan Semar (Pasir Kaliki); Jalan Cihampelas No. 47; Jalan Veteran No. 71 (dekat ITC Kebon Kalapa); dan Jalan Melong Asih (Cijerah).

    Alamat: Jl. Cihampelas No.68, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

    Nomor telepon: (022) 4232589

    Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

    Kisaran harga makanan: Sekitar Rp18.000-Rp34.000 per porsi

    Kisaran harga minuman: Sekitar Rp6.000-Rp15.000 per gelas/botol

3. Bakso Malang Enggal

Bakso Malang Enggal bisa dikatakan sebagai salah satu jawara kuliner bakso di Bandung. Pada tahu kan konsep bakso malang seperti apa? Kamu pilih sendiri isiannya sesuai selera kamu! Nah, di Bakso Enggal ini, pilihan isian mangkok kamu ada banyak sekali. Tidak hanya bakso polos dan urat, tapi juga ada siomay, tahu yang diisi adonan bakso, kerupuk pangsit, dan bakso goreng.

Harga per item di Bakso Enggal tidak terlalu mahal, kok. Hanya sekitar Rp 2 ribu – Rp 3 ribuan per buah. Selain bakso urat dan bakso gorengnya yang maknyus, kuah Bakso Enggal yang gurih benar-benar bikin kangen! Bakso Enggal buka setiap hari dari jam 9 pagi – 10 malam WIB. Selain di Jalan Burangrang, tempat bakso enak di Bandung ini ada juga di kawasan Soekarno-Hatta.

    Alamat: Jl. Burangrang No.12, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung,

    Nomor telepon: (022) 4232589

    Jam operasional: Setiap hari, 09.00-22.00 WIB

    Kisaran harga: Sekitar Rp19.000-Rp24.500 per porsi

4. Bakso So’un & Mie Ayam Lodaya

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Jadi, Bakso So’un & Mie Ayam Lodaya ini bukan berlokasi di Jalan Lodaya, loh. Karena cabang pertamanya ada di jalan tersebut, makanya nama kedai bakso ini jadi ada kata “Lodaya”-nya. Tapi, lokasi kedai bakso ini sekarang ada di Jalan Veteran no. 3, Kebon Pisang, Sumur Bandung.

Bakso So’un & Mie Ayam Lodaya beroperasi setiap hari (kecuali hari Senin). Kamu bisa mengunjungi kedai ini dari jam 11 siang. Di sini kamu hanya akan menemukan soun sebagai “karbohidrat”-nya, tidak ada bihun atau pun mie telur. Lalu untuk pilihan baksonya pun hanya ada dua, yaitu bakso daging dan bakso urat saja.

    Alamat: Jl. Veteran No.3, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

    Nomor telepon:(022) 4231145

    Jam operasional: Selasa-Minggu, 11. 00-21.00 WIB, Senin tutup

    Kisaran harga: Sekitar Rp18.000 per porsi

5. Rumah Makan Baso Sapi Panghegar

Selain Baso Cihampelas, ada satu lagi baso siap masak yang suka dibawa pulang pelanggannya, yaitu Baso Sapi Panghegar. Tapi, kalau kamu malas masak dan ingin langsung makan saja, langsung saja datang ke Rumah Makan Baso Sapi Panghegar. Rumah makannya ada di beberapa rumah setelah Pabrik Baso Sapi Panghegar, jadi setelah makan-makan, kamu bisa langsung berburu oleh-oleh bakso di pabriknya.

Konsep rumah makan ini adalah untuk keluarga. Apalagi jika kamu membawa ponakan atau buah hati ke sini, pasti mereka akan suka karena ada taman, kolam ikan, dan beberapa permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit.