10 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membawa Mobil Ketika Hujan

harian-nasional.com/ – Musim hujan sudah mulai tiba. Keadaan cuaca yang tidak menentu ini terkadang luput dari perhatian kita ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain menjaga tubuh agar tidak terkena hujan langsung, kita juga harus berhati-hati ketika membawa kendaraan di kondisi hujan. Tahu kah Mama dan Papa kalau hujan mengakibatkan jalan licin dan juga perawatan ekstra pada kendaraan.

Frekuensi terkena air akan sering terjadi pada kendaaraan, untuk itu sebelum menggunakannya perlu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan.

Hal apa saja sih sebenarnya yang harus diperhatikan saat membawa kendaraan ketika hujan? Berikut ini rangkum selengkapnya.

1. Jika memungkinkan, tunggu dulu sampai kondisi cuaca lebih baik

Membawa kendaraan ketika hujan harus ekstra hati hati ya, sebab jalanan akan licin. Kita tidak tahu apa yang terjadi di tengah perjalanan. Sebaiknya menunggu kondisi lebih baik tidak ada masalahnya.

mengemudi ketika cuaca sudah lebih baik juga akan lebih nyaman. Tidak akan merasa was-was karena jalanan licin atau hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diprediksi akan terjadi.

2. Lakukan double check pada kendaraan sebelum digunakan

Ingin menempuh perjalanan jauh atau tidak, sebaiknya memang di setiap situasi harus melakukan pengecekan berkala pada kendaaran.

Pastikan lampu depan, lampu belakang, wiper dan lainya berfungsi dengan benar. Pastikan semuanya sudah siapa digunakan dan tidak ada kerusakan sebelum dibawa pergi. Terutama kondisi ban juga harus diperhatikan ya.

3. Mengemudilah dengan pelan-pelan

Saat kondisi hujan, sebisa mungkin untuk mengurangi kecepatan laju mobil. Kondisi jalan yang basah bisa memberi peluang kendaraan akan tergelincir karena licin.

Bawalah mobil dengan santai. Tidak perlu terburu-buru untuk cepat sampai tujuan, yang penting selamat di perjalanan.

4. Jangan lupa untuk menyalakan lampu depan

Pentingnya menyalakan lampu depan ialah supaya kita bisa melihat jarak kendaraan kita dengan kendaraan di depan, Serta meningkatkan visibilitas kita dan pengemudi lain untuk melihat kendaaraan kita di jalan.

Sebagian negara mengharuskan pengemudi untuk menyalakan lampu kendaraannya saat hujan. Walaupun hanya berkabut sekalipun tetap dianjurkan demi keselamatan bersama.

Editors’ Picks

5. Nyalakan wiper kaca depan dan belakang, jangan diabaikan

Sepertinya ini sudah anjuran umum yang secara sadar akan kita lakukan saat mengemudi di tengah hujan. Menyalakan wiper kaca untuk menghilangkan tetesan air dan kelembapan dari kaca.

Maka untuk iitu pastikan juga wiper kaca sudah berfungsi dengan benar, karena jika baru mengetahui wiper kaca tidak berfungsi di tengah mengemudi saat hujan, itu juga akan menjadi pekerjaan tambahan.

6. Jaga jarak kendaraanmu dengan kendaraan lainnya

Ada baiknya untuk mengatur jarak kendaraanmu dengan kendaraan lainnya. Entah itu yang ada di depan atau di belakang. Ketika hujan kita mungkin akan sulit untuk mengendalikan laju mobil.

Hal ini juga untuk mneghindari pengemudi lain yang mungkin mendapat kendala mengatur laju mobilnya. Ambil jarak yang cukup jauh dengan mobil lainnya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

7. Hindari pengereman berat atau rem mendadak

Hindari pengereman berat, cobalah untuk memperlambat kendaraanmu dengan melepaskan kaki dari pedal gas lebih awal dari biasanya sebagai persiapan untuk memperlambat atau berhenti.

Intinya kamu juga harus berhati-hati ketika menginjak gas ataupun rem kendaraanmu. Rem mendadak saat keadaan hujan membuat kendaraan bisa tergelincir.

8. Lebih hati-hati dengan genangan air

Saat keadaan hujan, mungkin tidak semua bisa menghindari genangan air. Tapi cobalah untuk untuk menghindarinya karena mengemudi di area genangan air bisa menyebabkan terjadinya hydroplaning.

Hydroplaning yaitu ketika kendaraan kehilangan traksi dan tergelincir di permukaan jalan, maka jika masih mmemungkinkan untuk dihindari, hindarilah. selain demi keselamatan diri, itu juga demi keselamatan mesin kendaraan dari tergenang air.

9. Lepaskan gas saat hydroplaning

Hydroplaning merupakan salah satu kecelakaan mobil yang paling sering terjadi saat keadaan hujan, hal ini dikarenakan di kondisi tersebut pengemudi bisa kehilangan kendali.

Secara singkat, hydroplaning merupakan kondisi yang kerap terjadi saat ban mobil yang susah menapak terhadap permukaan jalan ketika mobil melintasi genangan air.

Jika kendaraanmu melakukan hydroplanes, maka tenang dulu. lepaskan kakimu dari pedal gas dan arahkan ke arah depan mobil. Perlu menjadi perhatian juga tidak berbelok secara tiba-tiba apalagi menginjak rem.

10. Buka sedikit kaca atau beri ventilasi pada kendaraan

Saat hujan, kita lebih sering menutup kaca kendaraan supaya air tidak banyak masuk ke dalam. Hujan memang akan menyebabkan tingkat kelembapan bertambah.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar sistem ventilasi mobil berfungsi untuk mengurangi jenis kabut yang ada di bagian dalam jendela dan kaca depan mobil.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membawa kendaraan di kondisi hujan. Semoga Tips tersebut bisa membantu kita untuk lebih berhati-hati dalam mengemudi ya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”