Wisata  

10 Daftar Rincian Biaya Hidup di Negara Taiwan, Untuk Mahasiswa Murah Atau Mahal?

harian-nasional.com/ – Terkenal dengan budaya dan nilai sejarah yang kental, Taiwan adalah salah satu negara yang cukup diminati oleh wisatawan internasional. Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata negara ini cukup terdongkrak.

Tidak hanya untuk tujuan wisata saja, namun banyak orang Indonesia yang merantau ke Taiwan untuk menjadi TKI. Sebab, gaji di Taiwan juga termasuk besar dan biaya hidup yang tidak semahal negara lain di kawasan Asia Timur.

Biaya hidup yang murah dan kualitas pendidikan yang baik pun juga menarik perhatian para mahasiswa internasional untuk kuliah di Taiwan. Negara ini memiliki beberapa universitas dengan reputasi yang bagus di dunia!

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di Taiwan per bulan pada tahun 2022? Apakah murah bagi pekerja dan mahasiswa? Yuk, kita lihat dulu rinciannya.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus kalian pikirkan ketika akan merantau ke Taiwan adalah tempat tinggal. Biasanya, biaya untuk akomodasi akan menjadi pengeluaran terbesar setiap bulan. Harga sewa tergantung beberapa faktor.

Kota tempat tinggal tentu akan memengaruhi harga sewa, paling mahal adalah Taipei sebagai ibukota Taiwan. Sementara itu, kota lain yang lebih ramah terhadap mahasiswa adalah Kaohsiung dan Taichung.

Bagi para mahasiswa, tinggal di asrama adalah pilihan yang paling tepat karena akan memangkas biaya utilitas dan transportasi. Namun, biasanya kalian harus berbagi kamar dengan orang lain karena satu kamar bisa diisi dua hingga lima orang.

Biaya asrama berbeda-beda untuk setiap kampus, tentunya di Taipei rata-rata jauh lebih mahal dari kota lain. Misalnya, asrama di Taichung rata-rata NTD 9.600 hingga 12.600, di Taipei bisa mencapai NTD 24.000 hingga 40.000 per semester lho!

Sementara itu, buat para pekerja dan mahasiswa yang menginginkan privacy, menyewa apartemen adalah pilihan yang lebih baik. Harga sewa apartemen di Taipei mencapai NTD 20.000 per bulan, sementara di kota lain berkisar dari NTD 3.000 hingga 7.000.

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki atau menyewa sebuah tempat tinggal, tentunya tagihan utilitas akan menjadi pengeluaran yang tidak bisa dihindari setiap bulan. Jumlah tagihan utilitas akan bervariasi bagi setiap orang, tergantung dari pemakaian.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Namun, jika kalian tinggal di asrama dan beberapa apartemen biasanya tagihan utilitas sudah termasuk dalam biaya sewa sebulan. Jadi, sebelum menyewa tempat tinggal, coba dilihat dulu ya, apa yang termasuk dalam biaya sewa bulanannya!

Setidaknya, untuk membayar biaya utilitas diperlukan uang sebesar NTD 500 hingga 1.000 per bulan.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting untuk bertahan hidup adalah makan dan minum. Biaya makan sehari-hari juga bisa berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung dari kota tempat tinggal dan gaya hidup.

Di Taipei, biaya makan juga lebih mahal daripada di kota lain yang lebih kecil. Biaya makan juga bisa berbeda-beda untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Tentunya, pilihan termurah adalah dengan memasak makanan sendiri.

Rata-rata, untuk makan kalian perlu mengeluarkan NTD 200 hingga 250 per hari. Sementara itu, jika kalian tinggal di Taipei, kabarnya pengeluaran untuk makan sehari bisa mencapai NTD 400 lho!

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas dalam kegiatan sehari-hari sebagai seorang anak rantau, tentunya kalian akan memerlukan transportasi. Bagi para perantau, menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang paling tepat.

Sistem transportasi umum di Taiwan sudah cukup memadai dan ada beberapa moda kendaraan yang bisa digunakan seperti bus kota, MRT, sewa sepeda, taksi, dan lain-lain. Harga untuk setiap transportasi juga bervariasi.

Buat satu kali naik bus kota, setidaknya kalian memerlukan NTD 5 hingga 15 dan MRT mencapai NTD 20 hingga 55, tergantung dari jarak yang ditempuh. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kalian bisa menggunakan EasyCard.

Kartu EasyCard juga bisa diisi ulang sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Setidaknya, sisihkan NTD 1.300 per bulan untuk biaya transportasi.

Satu tips untuk menekan biaya transportasi adalah dengan mencari akomodasi di dekat kampus atau tempat kerja kalian masing-masing ya!

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, tentunya kalian perlu membeli paket data untuk ponsel. Harga yang ditawarkan pun juga berbeda-beda untuk setiap provider.

Setidaknya, kalian memerlukan sekitar NTD 500 hingga 1.000 per bulan untuk internet di ponsel. Namun, pengeluaran ini juga bisa ditekan dengan memanfaatkan penggunaan wifi di berbagai tempat umum ya!

6. Biaya Pendidikan

Bagi para mahasiswa, ada biaya tambahan yang harus dibayarkan setiap semester, yaitu biaya kuliah atau tuition fee. Nah, tentu saja jumlahnya tergantung dari universitas, program studi, dan jumlah SKS yang diambil.

Jika kalian ingin meringankan beban untuk biaya kuliah selama di Taiwan, ada banyak lho pilihan beasiswa yang bisa diambil, baik dari pemerintah maupun swasta.

Namun, kalian juga perlu mengeluarkan biaya untuk beberapa keperluan kuliah seperti buku, fotokopi, print, dan lain-lain. Untuk fotokopi, setidaknya sisihkan NTD 100 per bulan. Harga buku juga tergantung dari jenisnya, ada yang murah dan mahal.

Harga buku akademik berbahasa mandarin berkisar dari NTD 100 hingga 300, sementara untuk bahasa asing lain harganya bisa mencapai NTD 1.000 hingga 3.000 lho! Untuk menghemat, kalian bisa membeli buku bekas atau meminjam dari perpus.

7. Belanja Bulanan

Sebagai seorang anak rantau, tentunya kalian juga perlu belanja berbagai kebutuhan pokok seperti bahan-bahan masak, persediaan camilan dan makanan instan, serta aneka perlengkapan kebersihan.

Sistem belanja setiap orang bisa berbeda-beda, yaitu mingguan atau bulanan. Budget yang dikeluarkan setiap orang untuk belanja pun juga bervariasi, tergantung kebutuhan dan gaya hidup. Setidaknya, kalian memerlukan NTD 1.000 untuk belanja bulanan.

8. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari sebagai seorang anak rantau, sebagian besar dari kalian pasti memerlukan hiburan dan rekreasi. Biaya untuk hal ini juga berbeda-beda, tergantung dari gaya hidup masing-masing orang.

Kalian bisa makan-makan di restoran atau café, nongkrong dengan teman-teman, atau traveling ke tempat-tempat wisata. Taiwan punya banyak aset yang bisa dieksplor lebih jauh lho.

Nah, setidaknya kalian perlu menyisihkan biaya sebesar NTD 500 per bulan untuk hiburan dan rekreasi!

9. Pendapatan Rata-Rata

Nah, total gaji seringkali menjadi pertanyaan setiap orang yang ingin pergi merantau ke Taiwan. Sebenarnya, pendapatan yang diterima tergantung dari jenis pekerjaan yang dijalani dan kebijakan setiap perusahaan.

Rata-rata, gaji TKI di Taiwan berkisar dari NTD 17.000 hingga 23.000 per bulan atau setara dengan Rp. 8.553.445 sampai dengan Rp. 11.572.311 dalam Rupiah. Jika kalian menggunakan agen, ada biaya pemotongan tambahan.

Tidak hanya pekerja, mahasiswa pun juga bisa mengambil paruh waktu atau magang di Taiwan lho! Wah, seru ya?

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal uang yang diperlukan untuk biaya hidup di Taiwan per bulan adalah sebesar NTD 13.300 atau setara dengan Rp. 6.691.815 jika 1 NTD (New Taiwan Dollar) sama dengan Rp. 503,14.

Namun, satu hal yang perlu diketahui adalah angka di atas tidak bersifat mutlak karena tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan setiap orang.

Dari rincian di atas, terbukti kan kalo biaya hidup di Taiwan masih jauh lebih murah daripada negara lain di kawasan Asia Timur? Jadi, apakah kalian tertarik untuk merantau ke Negara Taiwan?