Beauty  

10 Cara Menghilangkan Busik di Kulit dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Busik di Kulit dengan Mudah

harian-nasional.com/ – Apakah Anda pernah mengalami kulit yang sangat kering, saking keringnya, kulitnya jadi terlihat berkerak dan pecah-pecah seperti tanah tandus? Itu berarti Anda sedang terkena busik atau busikan, alias kondisi di mana kulit sedang super kering. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik pemilik kulit kering, kulit sensitif, maupun kulit normal sekalipun.

Ciri-ciri kulit busik adalah warnanya jadi agak lebih gelap daripada area kulit di sekitarnya. Selain menggelap, kulit busik juga mengkilap seperti sudah diolesi minyak. Ada juga yang sampai kulitnya bersisik dan terasa sangat gatal ketika sedang busikan. Anda bisa mengatasi kulit kering dan gatal atau busik ini dengan 10 cara menghilangkan busik dari Kamini berikut ini.

Cara Menghilangkan Busik di Kulit

1. Air Hangat

Salah satu cara menghilangkan busik secara alami dan tradisional adalah dengan cara mandi air hangat. Cara menghilangkan busik yang satu ini sangat sederhana namun terbukti ampuh. Ingat, mandi air hangat, bukan air panas, ya.

Air hangat suam-suam kuku dapat menjaga kelembaban kulit tanpa menghilangkan kelembaban alaminya. Tapi, mandi air hangat juga tidak dianjurkan lama-lama, hanya sekitar 10 menit adalah waktu maksimalnya.

Jika Anda tak yakin bisa selesai mandi dalam waktu 10 menit, Anda bisa mengompreskan handuk atau waslap yang sudah dicelupkan air hangat pada area kulit yang busikan. Anda bisa sambil menggosok area kulit tersebut agar sisa kulit keringnya terangkat. Gunakan waslap baru setiap kali melakukan langkah ini. Jadi, habis pakai langsung Anda cuci lagi waslapnya.

2. Moisturizing Soap

* sumber: www.shemazing.net

Sabun mandi ada bermacam-macam jenisnya. Ada sabun untuk memutihkan kulit (sabun kecantikan), sabun untuk kulit yang super bersih (anti-septic soap), dan ada juga sabun untuk melembabkan kulit (moisturizing soap).

Jika kulit Anda busikan, mungkin saja karena sabun mandi yang Anda gunakan terlalu keras buat kulit Anda. Ciri-ciri sabun yang tidak cocok dengan kulit adalah kulit akan terasa kencang seperti ditarik.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate, karena zat tersebut akan menyedot kelembaban kulit. Sebaliknya, pilihlah produk sabun yang bebas dari pewangi dan pewarna. Untuk jelasnya, pilih sabun yang ada titel “moisturizing”-nya.

Hal yang sama berlaku untuk sabun pencuci wajah dan sampo juga karena busikan bisa terjadi di mana saja, baik itu di tangan, di wajah, di leher, hingga di kulit kaki dan kulit kepala.

3. Mandi Susu

Mandi susu merupakan rahasia kecantikan Cleopatra. Tapi, Anda tidak perlu menjadi ratu untuk merasakan perawatan kulit mandi susu, karena di salon dan spa juga banyak yang menyediakannya. Dengan mandi susu, kulit Anda akan jadi sangat lembab dan lembut. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dan asam laktat pada susu yang dapat memberikan kelembaban pada kulit kita.

Tidak harus dengan berendam atau mandi susu, Anda bisa juga mengompreskan area kulit yang busik dengan waslap yang sudah direndam dalam susu. Diamkan waslap pada kulit selama sekitar 10 menit. Setelah itu, gosok area kulit tersebut agar kulit matinya terangkat.

4. Lotion Khusus

* sumber: simonedigital.com

Busik merupakan penyakit yang wajar dan pernah dialami oleh hampir semua orang. Makanya, banyak sekali produk lotion khusus untuk mengobati busik. Setiap sehabis mandi, balurkan lotion khusus ini pada kulit yang busik.

Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan hand body yang sangat melembabkan. Ciri-ciri lotion yang melembabkan adalah dengan adanya kandungan shea butter, asam stearat, ceramides, gliserin, asam laktat, dan non-komedo genik.

Guna pelembab atau lotion ini adalah untuk mengangkat lapisan kulit teratas yang kering dan bersisik, melembabkan kulit, mendorong sel kulit baru untuk tumbuh, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengulangi penggunaan lotion ini beberapa kali dalam sehari jika Anda merasa kulit sudah terasa kering kembali.

5. Petroleum Jelly

Petroleum jelly sepertinya merupakan holy grail karena bisa menjadi obat maupun untuk kecantikan. Petroleum jelly bekerja sebagai humektan, yaitu zat yan akan membuat kulit jadi lembut, menjaga kelembaban kulit, sekaligus mengangkat sel kulit mati akibat kulit kering.

6. Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya sering digunakan untuk mengobati kulit, seperti ketika kulit terbakar api maupun sinar matahari, ketika kulit gatal, atau pun untuk perawatan kulit rutinan. Anda bisa juga menggunakan aloe vera dalam cara menghilangkan busik.

Lidah buaya mengandung anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat mengatasi busik dengan cepat. Anda tinggal mengusapkan gel lidah buaya pada area kulit yang busik, biarkan sekitar 20 menitan sebelum dibilas.

7. Baking Soda

10 Cara Menghilangkan Busik di Kulit dengan Mudah

Baking soda memang merupakan bahan untuk membuat kue, tapi benda ini bisa juga dipakai untuk membersihkan perhiasan emas maupun untuk perawatan kulit, loh. Biasanya baking soda dipakai untuk mencerahkan kulit, tapi, ternyata baking soda juga dapat menghilangkan busik dari kulit Anda. Busik muncul karena adanya perkembangan jamur dan kulit yang terlampau kering.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”